Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

David Moyes Enggan Lepas Fellaini dan Baines

By Oka Akhsan M. - Minggu, 6 Januari 2013 | 05:53 WIB
David Moyes (kanan) dan Marouane Fellaini (kiri). (Alex Livesey/Getty Images)

Everton dilaporkan mengalami kerugian sebesar sembilan juta pound atau sekitar 141 miliar rupiah pada musim lalu. Meski demikian, manajer The Toffees, David Moyes, menolak untuk menjual dua pemain andalan, Leighton Baines dan Marouane Fellaini, pada bursa transfer Januari.

David Moyes telah menegaskan hanya akan meminjam pemain dari klub lain jika tak ada yang pergi dari Goodison Park. Namun, setelah melepas Mikel Arteta dan Jack Rodwell dalam kurun 18 bulan terakhir, manajer asal Skotlandia itu diprediksi tak akan kembali melego pemain bintang Everton.

Marouane Fellaini bernilai 25 juta pound (393 miliar rupiah) dan menjadi incaran Chelsea pada musim panas 2013. Sementara itu, Leighton Baines yang dikabarkan sedang diburu Manchester United berbanderol 15 juta pound (235 miliar rupiah).

"Kami telah menjual banyak pemain pada tahun lalu. Setelah Mikel Arteta ke Arsenal, kami juga melepas Jack Rodwell ke Manchester City. Jadi saya tak akan terburu-buru untuk melepas Baines dan Fellaini," kata Moyes seperti dikutip dari Daily Mail.

Salah satu pemain yang paling mungkin akan dilepas Moyes adalah John Heitinga demi mendapat dana segar untuk memboyong muka baru. Hal ini pernah dipraktikkan Moyes pada tahun lalu ketika melepas Diniyar Bilyaletdinov ke Spartak Moskva agar bisa memboyong Nikica Jelavic, Darron Gibson, dan Steven Pienaar.

"Di dunia sepak bola, segala sesuatu dapat berubah dengan cepat. Namun, rencana saya tetap sama yaitu tak akan menjual pemain," pungkas Moyes.