Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lee dan Ko Ingin Jadi Juara di Kandang Sendiri

By Andi Yanianto - Senin, 7 Januari 2013 | 17:33 WIB
Lee Yong Dae (kanan), saat meraih medali perunggu pada Olimpiade 2012 bersama Jung Jae Sung (kiri). (Michael Regan/Getty Images)

13 Januari 2013. Dalam turnamen tersebut, pasangan ganda tuan rumah, Lee Yong-dae/Ko Sung-hyun bertekad menjadi juara.

Seperti yang dikabarkan kantor berita Korea, Yonhap news, pasangan ganda peringkat 12 dunia tersebut mengaku ingin kembali mengamankan gelar, setelah pada 2012 gelar tersebut direbut ganda Cina, Cai Yun/Fu Haifeng.

Pada 2010, Lee berhasil menjadi juara bersama pasangan lamanya, Jung Jae-sung. Setelah meraih medali perunggu Olimpiade London 2012, Lee/Jung berpisah karena Jung memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis internasional.

Lee dan Ko mulai bermain bersama pada ajang Denmark Open, September 2012. Akan tetapi, mereka langsung gagal di babak pertama. Pada Desember 2012, Lee dan Ko berhasil memenangkan tiga kejuaraan internasional secara berturut-turut di India dan Korea.

Untuk memenangkan gelar tahun 2013 ini, Lee/Ko akan berjumpa lawan berat seperti ganda Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen dan ganda Cina, Cai Yun/Fu Haifeng.

Pada pertemuan terakhir, Lee/Ko berhasil menundukkan Cai/Fu di China Open 2012. Akan tetapi, pada turnamen yang sama Lee/Ko dikandaskan Boe/Mogensen di final.