Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sebut Suarez Curang, Komentator ESPN Dapat Teguran

By Oka Akhsan M. - Senin, 7 Januari 2013 | 22:40 WIB
Insiden Gol Kontroversial Luis Suarez. (Clive Mason/Getty Images)

Komentator ESPN, Jon Champion, mendapat teguran setelah menyebut striker Liverpool, Luis Suarez, telah berbuat curang. Pihak ESPN juga telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait komentar Champion tersebut.

Luis Suarez terlihat mencetak gol kedua Liverpool dengan menggunakan tangan ketika The Reds menang 2-1 atas Mansfield dalam lanjutan putaran ketiga Piala FA, pada Minggu (6/1). Ketika ESPN menyiarkan tayangan ulang gol Suarez, Jon Champion mengatakan penyerang asal Uruguay itu telah berbuat curang.

"Kami bertanggung jawab untuk memberikan standar tertinggi dalam menyiarkan sebuah pertandingan kepada seluruh penonton. Kebijakan editorial ESPN menyebut seorang komentator harus bersikap objektif dan jujur ketika mengungkapkan apa yang mereka lihat," sebut pernyataan ESPN seperti dikutip dari Independent.

"Komentar ketika laga Mansfield melawan Liverpool telah menyebabkan salah satu pihak tersinggung, meski kami tidak bermaksud demikian. Kami juga telah berbicara dengan sang komentator terkait insiden ini," pungkas pernyataan tersebut.