Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Singkirkan Cordoba, Barcelona Jumpa Malaga

By Oka Akhsan M. - Jumat, 11 Januari 2013 | 05:52 WIB
Pemain Barcelona merayakan gol David Villa. (David Ramos/Getty Images)

0 atas Cordoba di leg kedua babak 16 besar Copa del Rey di Camp Nou, pada Jumat (11/1). Dengan hasil ini Blaugrana memastikan satu tempat di babak perempat final lewat kemenangan agregat 7-0 setelah unggul 2-0 di leg pertama.

Tampil di hadapan ribuan suporter sendiri, Barcelona langsung unggul ketika laga memasuki menit ke-17. Menerima umpan Alex Song, Thiago Alcantara menggiring bola di depan kotak penalti Cordoba sebelum melepaskan tendangan mendatar yang tak mampu diselamatkan Mikel Saizar. 1-0 untuk tuan rumah.

Barcelona menggandakan keunggulan empat menit berselang, kali ini lewat kaki David Villa. Usai mendapat umpan Thiago di sisi kiri, Villa sukses mengelabui seorang pemain bertahan Cordoba sebelum menaklukkan Saizar lewat tendangan terukur ke sudut sempit.

Villa mencetak gol kedua di pertandingan tersebut pada menit ke-26. Sergi Roberto yang menerima umpan Thiago di dalam kotak penalti mengirim umpan manis ke Villa yang langsung melepaskan sepakan keras ke sudut kiri gawang. Meski sempat membentur tiang, namun bola tetap meluncur mulus ke dalam gawang tanpa bisa dihalau Saizar. Skor 3-0 untuk Barcelona bertahan hingga jeda.

Babak kedua baru berjalan 10 menit, giliran Alexis Sanchez yang masuk papan skor. Menerima umpan sepak pojok Thiago, Alexis berhasil memenangi duel udara dengan pemain bertahan Cordoba. Sundulan pemain asal Cili itu gagal diselamatkan Saizar yang sudah berusaha terbang untuk menepis bola.

Alexis Sanchez mencetak gol kedua sekaligus menutup pesta gol Barcelona pada menit ke-85. Alexis berhasil menyambar bola liar hasil tendangan Cristian Tello yang ditepis Saizar untuk merobek jala Cordoba.

Di delapan besar, Barcelona sudah ditunggu Malaga yang sukses menyingkirkan tim Divisi Segunda B, Eibar. Laga perdana akan berlangsung di Camp Nou pada 16 Januari. Malaga ganti menjamu Barcelona di La Rosaleda pada 23 Januari.

Susunan pemain:

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves, Carles Puyol (Marc Bartra 46'), Javier Mascherano, Martin Montoya; Sergi Roberto (Jonathan Dos Santos 52'), Alex Song, Thiago Alcantara; Alexis Sanchez, Cesc Fabregas (Cristian Tello 46'), David Villa

Cordoba: Mikel Saizar; Jose Manuel Fernandez, Armando Lozano, Juan Fuentes, Sebastian Dubarbier (Pedro Sanchez 60'); Lopez Garai, Alberto Aguilar; Fede Vico (Abel Gomez Moreno 46'), Carlos Caballero (Vincenzo Rennella 69'), Lopez Silva; Joselu