Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Garde Tunjuk Gonalons Sebagai Kapten Anyar Lyon

By Jaka Sutisna - Jumat, 11 Januari 2013 | 16:59 WIB
Maxime Gonalons (Mike Hewitt/Getty Images)

Permohonan Lisandro Lopez kepada pelatih Olympique Lyon, Remi Garde, untuk dilepaskan dari jabatan kapten tim, membuat sang pelatih mempromosikan Maxime Gonalons, yang selama ini menjadi wakil kapten, menjadi kapten utama.

Alasan Garde memilih pemain berusia 23 tahun itu sebagai kapten baru memang tak terlepas dari jabatan wakil kapten yang disandangnya selama ini, namun bukan hanya hal itu yang membuat Garde memilih dirinya. Ada hal lain yang menjadi pertimbangan.

Salah satunya, Gonalons merupakan pemain penting Lyon musim ini. Ia hanya absen sekali dan telah mencetak sepasang gol dari 19 laga Ligue 1 musim 2012/13. Selain itu, walau usianya masih terbilang muda, perfroma Gonalons terbilang matang.

"Gonalons sangat berarti untuk Lyon. Dia bukan anak kecil lagi, tapi dia juga bukan yang tertua d banding pemain lainnya," ungkap Garde.

"Kini ia telah menjadi pemain yang sudah biasa mentas di ajang internasional dan ia paham harus terus bekerja keras untuk bertahan pada level saat ini," tambahnya.

"Dia sudah menjadi wakil kapten, jadi ini adalah keputusan yang wajar," tandas Garde.