Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tahan Tottenham, QPR Tinggalkan Dasar Klasemen

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 12 Januari 2013 | 22:42 WIB
Moussa Dembele (kiri), berduel dengan Clint Hill (kanan). (dailymail.co.uk)

0 di Loftus Road, pada Sabtu (12/1). Selain menahan laju Spurs di papan atas, QPR juga mendulang satu poin yang sangat penting dalam usaha untuk bertahan di Premier League.

Bermain tanpa menggunakan striker murni, QPR tampil ngotot dan disiplin dalam menjaga pertahanan. Hal itu membuat Tottenham yang keluar menyerang sejak menit pertama gagal membuat peluang karena lini pertahanan tuan rumah sangat sulit untuk ditembus.

Spurs mendapat dua peluang emas beruntun pada menit kelima. Namun, kesigapan Julio Cesar di bawah mistar gawang QPR mampu menggagalkan tendangan Jermain Defoe dan Emmanuel Adebayor.

Defoe melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sambil terbang, Julio Cesar mampu menepis bola yang akhirnya membentur tiang gawang. Bola liar yang disambar Adebayor juga mampu dihalau kiper asal Brasil itu sehingga hanya membuahkan sepak pojok untuk tim tamu.

Shaun Wright-Phillips juga mendapat peluang untuk membawa QPR unggul usai mendapat umpan terobosan yang sangat matang dari Adel Taraabt pada menit ke-11. Namun, gawang Spurs yang dikawal Hugo Lloris masih aman karena tendangan SWP berhasil dihalau Michael Dawson.

Wright-Phillips kembali menyia-nyiakan peluang sesaat sebelum jeda. Melakukan tusukan dari sisi kiri, SWP memaksakan diri melakukan tendangan keras yang jauh melambung. Padahal, Taarabt berdiri tanpa pengawalan di kotak penalti Spurs. Babak pertama akhirnya ditutup dengan skor kaca mata.

Spurs semakin berani keluar menyerang dan memaksa Julio Cesar bekerja keras selepas turun minum. Sedangkan QPR terlihat kesulitan membuat peluang karena Jamie Mackie terisolasi di lini depan.

Umpan cerdik Defoe pada menit ke-67 berhasil membuat Adebayor memiliki ruang untuk menembak. Namun, striker asal Togo itu justru ragu-ragu dalam mengambil keputusan sehingga peluang tersebut terbuang percuma. Hasilnya, Adebayor langsung ditarik keluar manajer Andre Villas-Boas semenit berselang.

Kerja sama Taarabt dan Wright-Phillips nyaris memecah kebuntuan 13 menit sebelum waktu normal berakhir. Namun, Lloris sigap melihat sinyal bahaya dan keluar dari sarangnya untuk menyapu bola. Skor 0-0 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat QPR meninggalkan dasar klasemen, naik satu tingkat ke posisi 19 dengan koleksi 14 poin. Mereka sukses menggeser Reading dengan keunggulan satu poin. Sementara itu, Spurs masih bertahan di urutan ketiga dengan poin 40.