Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tutupi 60% Pengeluaran

By Andi Yanianto - Senin, 14 Januari 2013 | 12:32 WIB
Mbida Messi, kostum penuh sponsor. (Rizal Syahisa/BOLA)

klub lain kelimpungan mencari sponsor untuk menghidupi mereka, Persib bernapas lega karena sampai saat ini telah menggaet 20 sponsor. Jumlahnya memang berkurang dibanding musim lalu, 25 sponsor. Namun, fulus yang masuk ke kantong PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) relatif sama.

Direktur PT PBB, Risha Adiwijaya, mengatakan terdapat beberapa sponsor musim lalu yang tidak lagi mensponsori Persib musim ini lantaran konflik dualisme persepakbolaan nasional dan ketidakjelasan status LSI. Beberapa sponsor yang tadinya akan masuk pun batal dengan alasan serupa.

Salah satu calon sponsor yang urung masuk ke Persib adalah Air Asia. Padahal, maskapai internasional yang berbasis di Malaysia ini sangat tertarik menjadi sponsor Maung Bandung karena Bandung merupakan salah satu pangsa pasar potensial. "Sponsor Persib terbagi dalam beberapa kategori berdasarkan nilainya, yaitu platinum, premium, dan ofisial," ujar Risha.

Sayang Risha enggan menyebutkan nilai sponsorship Persib musim ini. Namun, bocoran dari lingkar dalam menyebut angkanya tak kurang dari Rp12 miliar.

Ke-20 sponsor resmi Persib Bandung pada LSI 2013 adalah PT Daya Adira Mustika (DAM), Kopi ABC, Surya Eka Perkasa, Equator, Corsa, Bank BTPN, Oke Shop, Buana Kapita, Amidis, League, Al Mahaz, Harum Energi, Permata Resources, Northstar, BFI, Bloom, Nusantara Capital, Buana Capital, Syailendra Capital, Bread Life.

"Selain dari sponsor saat ini Persib juga mencoba mencari dana yang bersifat kontinuitas seperti penjualan merchandise, optimalisasi distribusi tiket, bus berjalan, online store, reseller, dan beberapa hal lain. Rencananya dalam waktu dekat kami akan meluncurkan program kartu keanggotaan klub," tutur Risha.

Kepintaran manajemen Persib menggali potensi klub layak diikuti klub-klub lain yang masih sulit mendapat sponsor. (buk)