Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

City Resmi Ajukan Banding Soal Kartu Merah Kompany

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 15 Januari 2013 | 04:22 WIB
Vincent Kompany (kiri) diganjar kartu merah (Getty Images)

Manchester City telah mengajukan banding soal kartu merah yang diterima Vincent Kompany di laga kontra Arsenal, Ahad (13/1). Saat itu, Kompany dianggap telah melakukan pelanggaran berbahaya terhadap Jack Wilshere dengan dua kaki sehingga tanpa ragu wasit Mike Dean mengusirnya saat pertandingan berjalan 76 menit.

Skuad Roberto Mancini sukses mencuri tiga poin dari Arsenal di Emirates stadium dengan mendapatkan kemenangan 2-0. Dua gol tersebut diciptakan James Milner dan Edin Dzeko.

Akan tetapi, kemenangan tersebut tidak sempurna lantaran Kompany mendapat kartu merah. Kapten Manchester City itu pun terancam larangan bermain sebanyak tiga pertandingan berikutnya.

Merasa ada kesalahan dari keputusan yang diambil Mike Dean, Manchester City pun tidak tinggal diam dan melayangkan banding ke otoritas tertinggi sepak bola Inggris (FA). Sebelumnya Roberto Mancini mengatakan dan yakin Mike Dean telah melakukan kesalahan.

"Tidak ada dendam terhadap wasit, saya memahami pekerjaan sulit mereka. Mengenai tekel itu, jika bola dikuasai lawan sepenuhnya, maka keputusan tersebut benar, namun itu adalah perebutan bola masih 50/50 sehingga tabrakan tidak terhindari," kata Mancini seperti dilansir Sky Sport.

"Pada akhirnya saya melakukan pembelaan. Akan ada upaya banding atau tidak? Saya tidak akan pernah mundur dari tantangan, sama seperti halnya tidak ingin kehilangan pemain karena cedera. Tidak seharusnya ia mendapat kartu merah karena hanya menggunakan satu kaki untuk mengambil bola. Saya rasa wasit telah melakukan kesalahan," lanjutnya.