Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mepet Jadwal Timnas, Kick-Off IPL Diundur

By Muhammad Murfi Aji - Kamis, 17 Januari 2013 | 07:46 WIB
Widjajanto (Kukuh Wahyudi/Bolanews)

CEO PT. Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Widjajanto, menyatakan akan menggeser pertandingan perdana Indonesia Premier League (IPL) musim 2012/13. Jika sebelumnya IPL direncanakan digelar mulai 9 Februari 2013, namun Widja memastikan digulirkan sejak 11 Februari 2013.

Pertandingan Perdana IPL Diundur
Widjajanto, CEO PT. LPIS menyatakan akan menggeser pertandingan perdana Indonesian Premier League menjadi 11 Februari. Sebelumnya Indonesian Premier League dikabarkan akan bergulir pada sembilan Februari.
Ditemui di Jakarta, Rabu (16/1) Widjajanto yang akrab disapa Widja menyatakan pertandingan perdana Indonesian Premier League yang akan mempertemukan Semen Padang dengan Persikabo Bogor akan digelar pada 11 Februari.
Dalam pertemuan yang membahas investasi mengenai IPL ini dihadiri 16 klub yang akan berlaga di IPL.
Indonesian Premier League diundur karena timnas yang sedang berlaga, mengingat ada beberapa pemain IPL yang berlaga untuk timnas. 
Timnas Indonesia akan melakoni partai perdana babak Kualifikasi Piala Asia 2015 menghadapi Irak pada 6 Februari dan baru kembali ke tanah air pada tanggal 8 Februari.
"Semen padang dan temen2 klub mengusulkan bergeser ke tanggal 11. Beberapa tim usul pemain mereka sedang ikut timnas hingga tanggal 8," ujar Widjajanto.

Menurut Widja, pengunduran jadwal ini disebabkan rencana semula terlalu mepet dengan laga pertama timnas di babak kualifikasi Piala Asia menghadapi Irak, 6 Februari.

"Semen Padang dan klub lain yang pemainnya dipanggil ke timnas mengusulkan agar digeser ke 11 Februari. Usul ini karena pemain mereka sedang memperkuat timnas hingga 8 Februari," ujar Widjajanto di Jakarta, Rabu (16/1) malam.

Widja, sapaan akrab Widjajanto menambahkan bahwa pihaknya akan mengisi pembukaan IPL dengan laga yang mempertemukan juara IPL musim 2011/12, Semen Padang melawan juara Piala Indonesia, Persibo Bojonegoro. Pertandingan yang bertajuk Community Shield itu akan digelar pada 11 Februari dengan tempat yang belum pasti.

Dalam kesempatannya, Widja juga memaparkan tentang hadiah yang akan diberikan. Untuk peringkat satu hingga keempat secara keseluruhan disebutkan akan mendapat hadiah dengan total satu juta dollar atau setara dengan 9,6 miliar rupiah. Untuk jumlah pembagian hadiah masih akan dibicarakan pada rapat Komite Eksekutif (Komek).

"Secara umum, kami dan News Corporation sudah memiliki komitmen untuk menjalin kerja sama dalam jangka waktu lama, yakni 25 sampai 30 tahun. Kerja sama ini akan ditinjau lima hingga sepuluh tahun," ujar Widja.