Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sikap Terbelah

By Kamis, 17 Januari 2013 | 11:43 WIB
Jakmania, tetap dukung Persija. (Erly Bahtiar/BOLA)

Kelompok suporter The Jakmania terbelah dalam menyikapi persoalan yang melanda Persija. Kelompok kepengurusan pusat dan koordinator wilayah yang dikomandoi Ketua Umum Jakmania, La Rico Ranggamone, perang terbuka dengan sejumlah komunitas.

Pengurus pusat memandang aksi-aksi antimanajemen dengan slogan #IwanOut dan #ManajemenBobrok sudah kebablasan. Kegusaran Rico cs. dipicu aksi boikot menonton pertandingan dan lemparan telur busuk ke bus tim Persija. "Kami tidak pernah melarang anggota untuk kritis, tapi caranya jangan menimbulkan persoalan baru. Tim yang tengah goyah harus didukung, bukan dimusuhi," kata Richard Ahmad, Sekum Jakmania.

Di sisi lain, Rico menilai tidak pantas rasanya menyerang secara personal. "Dengan dana Rp18 miliar buat belanja pemain Rahmad Darmawan membawa Persija masuk tiga besar LSI 2010/11. Iwan Setiawan dengan modal Rp8 miliar menempatkan Persija di peringkat lima besar. Apa itu disebut kegagalan?" ujar Rico.

Friksi di dalam Jakmania memanas karena komunitas telah menyiapkan jagoan pada pemilihan Ketua Umum Jakmania pada Sabtu (19/1).

THE JAKMANIA
Berdiri: 19 Desember 1997
Ketua Umum: La Riko Ranggamone
Jumlah Anggota: 55.193
Jumlah Korwil: 52 (aktif 47)
Komunitas: Jakantor, Jakampus, Jak Ultras, Jakonline, Jakmania Schoo