Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menang Banding, Napoli Kembali Membayangi Juventus

By Okie Prabhowo - Jumat, 18 Januari 2013 | 01:42 WIB
Dari kiri-kanan: Matteo Gianello (mantan kiper Napoli), Paolo Cannavaro, dan Gianluca Grava. (Getty Images)

Napoli memenangi banding terhadap hukuman pengurangan dua poin dan larangan bermain bagi Paolo Cannavaro dan Gianluca Grava terkait skandal pengaturan pertandingan. Sebelumnya pihak I Partenopei diberi sanksi denda 70 ribu euro oleh Komisi Disiplin serta mantan kiper ketiganya, Matteo Gianello, dijatuhi hukuman larangan bermain tiga tahun dan tiga bulan.

Komisi Disiplin memberi hukuman kepada Napoli pada pertengahan Desember 2012 sebagai tindak lanjut dari penyelidikan kasus pengaturan pertandingan yang dilakukan mantan kiper I Partenopei, Matteo Gianello. Ia didakwa mencoba untuk mengatur laga pada Mei 2010 saat Napoli menghadapi Sampdoria dengan meminta bantuan dari Paolo Cannavaro dan Gianluca Grava. Saat itu Il Doria berhasil mengalahkan I Partenopei 1-0 pada pekan terakhir Serie A musim 2009/10.

Dengan memenangi banding dalam pengadilan Federal maka pengurangan dua poin yang diberlakukan kepada Napoli dihapuskan, seperti dilansir Football Italia. Sementara itu hukuman kepada Cannvaro dan Grava dihilangkan. Larangan kepada Gianello juga dikurangi menjadi 21 bulan.

Hal ini membuat Napoli kini menduduki posisi kedua di bawah Juventus. I Partenopei terpaut tiga poin dari I Bianconeri dan memiliki raihan nilai yang sama dengan posisi ketiga, Lazio.

Dua pemain Napoli yang absen bermain selama satu bulan dapat kembali ke lapangan. Napoli juga mendapatkan pengurangan denda menjadi 50 ribu euro atau sekitar 644 juta rupiah.