Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gianluigi Buffon Peringkat Pertama, Casillas Kedua

By Okie Prabhowo - Jumat, 18 Januari 2013 | 04:31 WIB
Iker Casillas (kiri) dan Gianluigi Buffon (kanan). (Getty Images)

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, didaulat sebagai penjaga gawang terbaik selama 25 tahun. Pernyataan tersebut diumumkan Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola (International Federation of Football History and Statistics).

Gianluigi Buffon menjadi yang terbaik dari 1987-2012 setelah melalui penghitungan suara dari staf redaksi dan ahli sepak bola dari semua benua. Urutan kedua ditempati Kapten Spanyol dan Real Madrid, Iker casillas.

Pada posisi ketiga ada mantan penjaga gawang tim nasional Belanda, Manchester United, Fulham, Juventus, dan Ajax, Edwin van der Sar. Lalu legenda United asal Denmark, Peter Schmeichel, dan mantan tembok terakhir tim nasional Jerman dan Bayern Muenchen, Oliver Kahn, menjadi pelengkap di daftar lima besar.

Sementara itu dari tim Gli Azzurri selain Buffon ada nama Walter Zenga yang menduduki peringkat kedelapan. Mantan pesepak bola yang kini berusia 52 tahun ini tidak sendirian, ia bersama mantan penjaga gawang Barcelona dan timnas Spnyol, Andoni Zubizarreta.