Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gaya Bermain Barcelona Tidak Bisa Sembarang Ditiru

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 19 Januari 2013 | 03:17 WIB
Barcelona, permainannya tidak bisa sembarang ditiru. (Jasper Juinen/Getty Images)

taka yang telah menjadi identitas Barcelona tidak akan mudah dijiplak untuk diterapkan kepada tim lain. Fabio Capello dan Neil Lennon memiliki pendapat yang sama mengenai hal ini, dan mereka berpendapat bahwa akan berbahaya bagi tim lain bila ingin menerapka permainan Barcelona pada tim mereka.

Gaya bermain Barcelona yang sudah menjadi ciri khas mereka telah menjadi sangat terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Permainan yang didasarkan kepada sentuhan satu-dua dan menekan tanpa bola itu telah melalui proses yang panjang dan sulit.

"Permainan taktis Barcelona memang sangat enak dipandang, namun apabila anda mencobanya pada tim anda, maka itu merupakan kesalahan besar. Yang bisa memainkan permainan seperti itu hanyalah para pemain Barcelona," tutur Fabio Capello pada pertemuan Asosiasi Manajer Liga di Inggris pekan ini.

"Namun ada beberapa aspek yang dapat anda tiru, yaitu gaya bertahan mereka. Ketika nada kehilangan bola, maka anda akan maju bersama-sama untuk merebut kembali bola tersebut dan tidak pernah kembali ke lini tengah. Hal itu memang baru bagi saya," lanjutnya.

"Namun untuk memainkan permainan seperti Barcelona secara utuh, anda memerlukan beberapa pemain dengan bakat seperti Andres Iniesta dan Lionel Messi," tutupnya.

Hal yang sama dilontarkan oleh manajer Glasgow Celtic, Neil Lennon, yang telah berhasil mengalahkan Barcelona dalam ajang liga champion.

"Saya pikir permainan Bercelona itu menitik beratkan kepada "penyampaian pesan" antara pemain yang sudah saling memahami satu dengan yang lain. Hal ini sangat berbahaya bila ingin kita terapkan pada tim kita. Kita harus mengerti terlebih dahulu budaya dan gaya bermain tim anda, apabila tidak itu akan menghancurkan permainan anda sendiri," tutur Lennon.

"Saya pikir permainan Barcelona dan tim nasional Spanyol merupakan permainan terbaik yang pernah kita lihat, dan keberadaan Messi yang merupakan pemain besar yang pernah ada di dunia. Kita tidak bisa menjadi seperti mereka, dan kit harus mengembangkan permainan kita sendiri," lanjutnya.