Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fan Southampton Siap Protes Pemecatan Nigel Adkins

By Oka Akhsan M. - Sabtu, 19 Januari 2013 | 17:02 WIB
Nigel Adkins, pemecatan dirinya ditentang suporter Southampton. (Christopher Lee/Getty Images)

Keputusan Southampton untuk memecat Nigel Adkins dari posisi sebagai manajer berbuntut panjang. Fan Saints berencana melancarkan protes di St Mary's Stadium ketika manajer anyar, Mauricio Pochettino, menjalani debut melawan Everton, pada Senin (21/1).

Nigel Adkins, yang sukses mengantar Southampton promosi dari League One ke Premier League dalam dua musim beruntun, resmi dipecat Chairman Nicola Cortese, pada Jumat (18/1). Suporter yang tak senang dengan keputusan klub siap mengibarkan sapu tangan putih di stadion sebagai bentuk protes dan memperlihatkan kemarahan mereka.

"Sama seperti yang dilakukan suporter asal Spanyol, kami akan mengibarkan sapu tangan putih di stadion sebagai bentuk protes perlakuan buruk Nicola Cortese terhadap Nigel Adkins," kata Asosiasi Suporter Independen Southampton, Perry McMillan, seperti dikutip dari fourfourtwo.com.

"Ini adalah kesempatan besar dan penting bagi kami untuk memperlihatkan apa yang suporter rasakan ke seluruh Eropa karena laga disiarkan secara langsung di televisi. Jika kami memikirkan kembali bagaimana Adkins telah bekerja keras untuk mengantar kami ke Premier League, semua ini terasa sangat pahit," lanjut McMillan.

Start Adkins bersama Southampton di Premier League musim ini memang sangat buruk, dengan menelan delapan kekalahan dari 10 laga. Namun, perlahan prestasi Southampton meningkat dan hanya kalah dua kali dalam 10 laga terakhir, termasuk menahan imbang Chelsea pada tengah pekan lalu.