Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

AC Milan Tidak Boleh Pecat Massimiliano Allegri

By Syamsul Arif - Sabtu, 19 Januari 2013 | 18:21 WIB
Riccardo Montolivo (Valerio Pennicino/Getty Images)

Pemain tengah AC Milan, Riccardo Montolivo, menyatakan bahwa Massimiliano Allegri tidak boleh dipecat dari jabatan pelatih di Il Rossonerri. Hal itu harus dilakukan karena Allegri merupakan Allegri adalah fondasi dari proyek yang baru dimulai AC Milan.

Pada awal musim 2012/13, AC Milan memutuskan untuk melepas dan menjual banyak pemain senior dan berumur yang memiliki gaji besar, seperti Alessandro Nesta, Gennaro Gattuso, Zlatan Ibrahimovic, Thiago Silva, dan lain-lain. Setelah melepas para pemain senior itu, Il Rossonerri pun memulai proyek baru peremajaan skuad dengan mendatangkan dan mengandalkan pemain-pemain muda yang sebagian berasal dari akademi klub.

Namun, ternyata perubahan itu membuat Milan terpuruk pada awal musim 2012/13. Sampai pekan ke-20 Serie A, Il Rossonerri hanya mampu berada di peringkat tujuh klasemen dengan koleksi 31 poin. Milan tertinggal 14 angka dari tim pemuncak klasemen, Juventus. Hasil yang dianggap para petinggi AC Milan kurang memuaskan itu pun membuat mereka dikabarkan tengah mempertimbangkan pergantian pelatih di AC Milan pada akhir musim 2012/13. Namun, rencana itu ditentang mentah-mentah oleh Riccardo Montolivo.

"Demi proyek yang baru dimulai ini, maka Allegri harus tetap menjadi pelatih di tim, karena dia adalah fondasi dari proyek ini," kata Montolivo kepada Gazzetta dello Sport.

"Dia adalah pelatih yang sangat mampu mengajarkan kami dan sabar. Allegri telah beradaptasi dengan baik terhadap kebijakan baru klub. Para pemain muda mampu tampil lebih baik dan semua itu karena sang pelatih."