Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ronaldo dan Di Maria Bawa Madrid Lumat Valencia

By Okie Prabhowo - Senin, 21 Januari 2013 | 04:59 WIB
Angel Di Maria (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan). (Getty Images)

0 pada pekan ke-20 La Liga, Senin (21/1) dini hari WIB. Semua gol Los Blancos tercipta pada babak pertama.

Babak pertama berjalan sembilan menit Real Madrid sudah unggul melalui gol dari kaki Gonzalo Higuain. Gol tercipta melalui umpan tarik Angel Di Maria. Bola mendarat dengan kencang di pojok kanan bawah gawang yang dijaga kiper Diego Alves. Tuan rumah, Valencia, sementara tertinggal 0-1 dari Madrid.

Madrid memiliki peluang untuk menambah jumlah gol. Namun tidak membuahkan hasil positif setelah Sami Khedira yang sudah berhadapan dengan kiper kurang tenang dalam penyelesaiannya. Hasilnya bola berhasil ditepis kiper Diego Alves dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Benar-benar menggila Madrid kali ini. Angel Di Maria menambah argo gol Los Blancos. Cristiano Ronaldo yang berlari di sisi kiri pertahanan Valencia mengumpan silang di dalam kotak penalti. Di Maria tidak menyia-nyiakannya dan membuat jala gawang Valencia bergetar kedua kalinya.

Satu menit setelah gol Di Maria, Madrid mencetak gol ketiga dan kali ini hasil torehan Ronaldo (36'). Usai menerima umpan terobosan Fabio Coentrao, Ronaldo berlari masuk ke dalam kotak penalti dan menendang keras bola dan menempatkannya di pojok kiri bawah gawang Valencia. Madrid 3-0 Valencia.

Tidak sampai di situ pencapaian Madrid. Ronaldo (41') kembali mencetak gol. Berawal dari umpan silang Di Maria dan diterima oleh Mesut Oezil. Pemain tim nasional Jerman ini langsung memberi operan pendek dengan satu sentuhan kepada Ronaldo yang langsung menembak bola.

Bahkan sebelum babak pertama berakhir Madrid kembali membuat Alves memungut bola dari dalam gawangnya. Di Maria yang menerima umpan terobosan Oezil langsung menggiring bola dan dengan tenang menaklukkan Alves. Babak pertama usai dan Madrid menghancurkan pertahanan Valencia.

Babak kedua Valencia lebih banyak menyerang untuk setidaknya membuat satu gol. Peluang emas saat tendangan Pablo Piatti dari luar kotak penalti hanya mengenai mistar gawang Casillas. Kesempatan Tino Costa untuk menorehkan gol juga tidak membuahkan hasil positif. Hingga babak kedua berakhir skor masih sama 5-0 untuk kemenangan Madrid.

Susunan pemain

Valencia: Alves, R. Costa, Rami, V. Ruiz, Guardado, Gago (Barragan 46'), T. Costa, Piatti (Bernat 73'), Banega, Jonas, Soldado (Valdez 65')

Real Madrid: Casillas, Varane, Coentrao, Khedira (Callejon 74'), Ronaldo, Oezil (Modric 67'), Alonso (Essien 58'), Arbeloa, Albiol, Higuain, Di Maria