Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sacramento Kings Segera Berpindah Tangan

By Andi Yanianto - Senin, 21 Januari 2013 | 13:30 WIB
Chris Hansen, pemilik baru Sacramento Kings. (ESPN-AP)

Terjawab sudah kekuatiran penggemar basket di Sacramento. Seperti dilansir ESPN dan AP, keluarga Maloof yang memiliki mayoritas saham Kings, siap melepas 65% saham kepada kelompok investor dari Seattle yang dikomandani Chris Hansen dan Steve Ballmer.

Dalam perinciannya, 65% saham yang berpindah tangan itu datang dari keluarga Maloof 53% dan 12% dari pemilik saham minoritas Bob Hernreich. Sisa saham 35% masih dipegang oleh pemilik minoritas lainnya dan masih belum bersepakat berapa sisa itu dijual.

Nilai King adalah US$ 525 juta. Dengan dijualnya saham ke Hansen dan Balmer, klub juga akan berpindah markas ke Seattle. Kabarnya, keluarga Maloof akan membeli saham minoritas di kepemilikan baru itu.

Jika transaksi disetujui NBA, maka Kings akan bermarkas di Seattle dan akan berganti nama. Nama SuperSonics kabarnya akan diaktifkan lagi.

Pembayaran ke keluarga Maloof akan dilakukan mulai 1 Februari dengan termin pertama deposit senilai US$ 30 juta. Hansen dan Ballmer harus menyatakan ke NBA paling lambat 1 Maret tentang niat mereka merelokasi Kings ke Seattle.

LeBron James, forward Miami Heat menyatakan dalam twitternya: "So the Kings getting sold for 525M!! And the owners ain't making no money huh? What the hell we have a (lockout) for. Get the hell out of here."

Seattle kabarnya sudah memiliki rencana membangun gedung baru senilai 500 juta dolar AS dan sudah disetujui Oktober 2012 lalu.