Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Untung Ada Li Na

By Senin, 21 Januari 2013 | 14:37 WIB
Li Na, semakin percaya diri dengan pelatih baru. (Ryan Pierse/Getty Images)

27 Januari ini.

Asia sudah kehilangan satu bintangnya setelah Kei Nishi­kori dikalahkan ung­gulan ke-4 David Ferrer di babak IV. Untunglah Li tak ikut tumbang di babak yang sama. Kemenangan atas Julia Goerges mengantar unggulan ke-6 itu ke perempat final dan menghadapi unggulan ke-3 Agnieszka Radwanska.

"Tak mudah menghadapi pemain sepertinya. Ia sangat    kon­sisten, pergerakan dan servisnya bagus. Saya harus tampil 100 persen untuk mengalahkannya," kata Radwan-ska, yang menga­lah­kan Li di semi­final Sydney Inter­na­sional, dua minggu lalu.

Perempat final bukanlah hasil terbaik Li di Australia Terbuka.   Ia mencapai final 2011 dan semifinal 2010. Kini, dengan pelatih baru Carlos Rodriguez, juara Prancis Terbuka 2011 ini tetap menjaga peluang untuk melangkah lebih jauh di Kompleks Melbourne Park.

"Ia bukan hanya guru. Tenis bukan hanya masalah tek­nik. Ia juga membuat mental saya lebih tangguh di lapangan. Saya merasa lebih rileks bekerja sama dengannya. Ia tak pernah mem­bebani saya," ujar Li menge­nai pelatihnya di situs Australia Terbuka.

Berdych vs Djokovic

Di putra, salah satu partai menarik perempat final adalah pertemuan juara bertahan Novak Djokovic dan unggulan ke-5 Tomas Berdych. Djokovic nyaris tumbang di tangan Stanislas Wawrinka di babak IV sebelum menang susah payah 1-6, 7-5, 6-4, 6-7 (5), 12-10 dalam waktu 5 jam, 2 menit, Minggu (20/1). Sementara itu, Berdych selalu mengak­hiri pertandingan dengan straight sets.

"Saya hanya bermain tiga set di setiap pertandingan, jadi bisa menghemat tenaga," begitu gurauan Berdych, yang selalu terhenti di perempat final pada dua Australia Terbuka terakhir.

Sementara itu, pemain Indone­sia, Aldila Sutjiadi, kandas di babak I junior setelah dikalahkan pasangan gandanya, Adrijana Lekaj dari Kroasia (1-6, 6-2, 4-6). Di ganda, Aldila/Lekaj akan menghadapi Ilka Csoregi/Ivana Jorovic dari Rumania/Serbia di babak I.

JADWAL PERTANDINGAN
Senin (21/1)
Tunggal Putri (babak IV)
Caroline Wozniacki vs Svetlana Kuznetsova
Victoria Azarenka vs Elena Vesnina
Serena Williams vs Maria Kirilenko
Bojana Jovanovski vs Sloane Stephens
Tunggal Putra (babak IV)
Jo-Wilfried Tsonga vs Richard Gasquet
Roger Federer vs Milos Raonic
Jeremy Chardy vs Andreas Seppi
Gilles Simon vs Andy Murray

Selasa (22/1)
Tunggal Putra (Perempat final)
Novak Djokovic vs Tomas Berdych
David Ferrer vs Nicolas Almagro
Tunggal Putri (Perempat final)
Li Na vs Agnieszka Radwanska
Ekaterina Makarova vs Maria Sharapova