Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zambia Bertekad Pertahankan Gelar

By Roby Rizky Akhmad - Senin, 21 Januari 2013 | 15:46 WIB
Herve Renard optimistis bawa Zambia kembali juara (Laurence Griffiths/Getty Images)

Pelatih Zambia, Herve Renard, mengatakan bahwa timnya sangat bertekad untuk mempertahankan gelar mereka di Piala Afrika 2013. Beberapa tim dari dua grup awal sudah menjalani pertandingan pertamanya, giliran dua grup berikutnya yang akan menjalani pertandingan perdananya.

Zambia memenangkan kompetisi ini pada tahun lalu setelah mengalahkan Pantai Gading di partai final. Di 2013, Zambia berada di Grup C dan akan melawan Ethiopia dalam pertandingan pertamanya.

Renard yakin timnya bisa mengulang kisah heroik mereka seperti tahun lalu, dan timnya sudah belajar banyak dari pengalaman di tahun lalu untuk berbenah diri pada kompetisi tahun ini.

“Kami di sini untuk mempertahankan gelar. Ini adalah kehormatan besar bagi kami jika dapat kembali menjuarai Piala Afrika di tahun ini,” ujar sang pelatih.

“Hasil baik di masa lalu tidak boleh membuat kami terlena, justru berbagai pengalaman akan sangat berguna untuk perjuangan di tahun ini. Masa depan baru prestasi sepak bola Zambia akan dimulai sekarang.”

Sejauh ini, Renard menilai bahwa Nigeria merupakan salah satu tim yang perlu diwaspadai di kompetisi tahun ini. Namun, Zambia harus fokus terlebih dulu untuk laga pertama mereka melawan Ethiopia.