Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mengkritik Hakim Garis, FA Sidik Sir Alex Ferguson

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 22 Januari 2013 | 04:42 WIB
Sir Alex Ferguson (Getty Images)

Otoritas tertinggi sepak bola Inggris, FA, secara resmi memanggil Sir Alex Ferguson untuk dimintai penjelasan soal kritikannya terhadap hakim garis di pertandingan Manchester United kontra Tottenham Hotspur, Ahad (20/1). Usai laga itu Fergie cukup keras mengkritik kinerja Simon Beck yang bertugas sebagai hakim garis.

Sir Alex Ferguson memprotes keras ketika Simon Beck tidak bereaksi saat Wayne Rooney dijatuhkan Steven Caulker di dalam kotak penalti di laga tersebut. Hasilnya, Manchester United harus puas ditahan imbang Tottenham Hotspur 1-1 di White Hart Lane.

Manajer United itu menyebut kinerja Beck buruk di pertandingan tersebut. Fergie juga mengungkit-ungkit kerugian yang juga pernah dialami United saat dikalahkan Chelsea 2-1 di Old Trafford pada April 2010. Saat itu Beck menganggap Didier Drogba masih berada dalam posisi onside, sedangkan Fergie mengklaim Drogba sudah tiga meter berada dalam posisi offside sebelum mencetak gol.

"Bagi saya kinerja para hakim garis sangat buruk di pertandingan tersebut. Mengapa hakim garis tidak melihat saat Wayne Rooney dijatuhkan di dalam kotak penalti dan beberapa keputusan lain," kata Sir Alex seperti dilansir Sky Sport.

"Kami ingat hakim garis yang sama di pertandingan melawan Chelsea musim lalu ketika Didier Drogba sudah tiga meter berada dalam posisi offside, namun ia menilai itu onside. Saya benar-benar kecewa dengan kinerjanya dan menurut saya performanya buruk," sambungnya.