Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Saleh Sebut Pemain Punya Hak untuk Membela Diri

By Andi Yanianto - Selasa, 22 Januari 2013 | 20:32 WIB
Saleh Mukadar (Bolanews)

Deputi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bidang Kompetisi PSSI, Saleh Mukadar, mengatakan pemain yang dipanggil tim nasional, memiliki hak untuk membela diri ke klub mereka, apabila klub melarang pemain untuk bergabung bersama timnas.

Dalam pertemuan di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (22/1), Saleh Mukadar menyayangkan para pemain yang mendapat panggilan timnas tidak datang untuk membela diri ketika dilarang oleh klub tempat mereka bermain.

"Andai mereka datang, dan mengatakan tidak bisa datang karena klub yang menahan saya, mungkin akan lain ceritanya," ujar Saleh.

PSSI telah memberikan dua kali kesempatan kepada para pemain yang dipanggil untuk memenuhi panggilan timnas, namun para pemain tetap tidak mengindahkan panggilan tersebut.

Meski banyak pemain yang beralasan tidak memenuhi panggilan timnas karena larangan dari klub, namun sesuai peraturan yang ada, tetap para pemain yang akan menerima hukuman.

"Karena mereka tidak datang untuk membela diri, dan sesuai regulasi itu adalah tanggung jawab pemain, maka pemain yang dijatuhi hukuman," tutur Saleh.