Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bagi Bepe Timnas Sebagai Representasi Bangsa

By Kukuh Wahyudi - Rabu, 23 Januari 2013 | 20:27 WIB
Bambang Pamungkas (Yudhi F. Oktaviadhi/Bolanews)

Mantan pemain Persija, Bambang Pamungkas, menganggap bahwa tim nasional sepak bola merupakan representasi sebuah bangsa. Ia juga menilai seharusnya tidak ada konflik yang berbau politik terjadi di sepak bola.

"Bagi saya pribadi tim nasional sebagai representasi sebuah bangsa. kita berbicara sepak bola untuk kenegaraan, konflik berbau politik seperti ini seharusnya tidak terjadi," ujar Bambang Pamungkas, dalam pertemuan antara BOPI dan APPI (23/1).

Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas, menganggap seluruh pemain pasti ingin membela timnas. Sementara dengan kekisruhan yang terjadi di sepak bola Indonesia saat ini, impian pemain tersebut terhalangi. Kini posisi pemain dibawah tekanan.

"saya yakin semua pemain ingin bermain untuk timnas. Tetapi saat ini para pemain mendapatkan tekanan dari pihak klub untuk tidak membela timnas," papar Bepe.

Bepe juga tidak habis pikir kenapa pihak klub tidak mengijinkan pemainnya untuk membela timnas Indonesia. Bagi Bepe, sudah seharusnya pihak klub menganggap timnas merupakan suatu negara Indonesia yang harus didukung oleh pihak manapun.

"Saya bingung kenapa pihak klub tidak bisa memahami bahwa timnas itu adalah Indonesia," lanjut Bepe.