Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Manfaatkan Ball Boy untuk Memenangi Laga

By Ade Jayadireja - Jumat, 25 Januari 2013 | 14:20 WIB
Ball Boy (Getty Images)

Sebuah rahasia diungkapkan oleh pemain Aston Villa, Matt Lowton. Ia mengakui bahwa beberapa klub memang sengaja memanfaatkan pemungut bola (ball boy) untuk mendapatkan keuntungan dalam pertandingan.

Matt Lowton mengaku pernah diajarkan tentang taktik penggunaan ball boy. Ia mendapatkan pelajar tersebut dari Neil Warnock saat masih magang di Sheffield United.

Pernyataan Lowton berkaitan dengan insiden di leg kedua semifinal Piala Capital One antara Chelsea versus Swansea, Kamis (24/1). Eden Hazard menendang ball boy bernama Charlie Morgan lantaran bocah tersebut melindungi bola dengan tubuhnya.

"Kami diajarkan bagaimana menggunakan sedikit taktik untuk membantu tim. Itu adalah bagian dari pelajaran kami saat magang di bawah asuhan Warnock," ungkap Lowton seperti dilansir The Sun.

"Warnock bahkan mengajarkan taktik untuk ball boy. Ball boy memiliki peran penting ketika klub besar datang ke Lane Bramall (markas Sheffield). Dia mengajarkan kami kapan harus mengembalikan bola dengan cepat dan kapan harus memegang bola dengan lama," imbuhnya.