Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Hantam Fulham, Man. United ke Ronde Lima Piala FA

By Verdi Hendrawan - Minggu, 27 Januari 2013 | 02:31 WIB
Javier Hernandez (kanan), berhasil cetak dua gol kemenangan United. (Clive Mason/Getty Images)

1. Bermain tanpa diperkuat ujung tombak tersuburnya, Robin van Persie, setan merah berhasil membombardir pertahanan Fulham yang digalang oleh kapten tim, Brede Hangeland.

Manchester United tampil aktraktif dan efektif dengan mengandalkan kemampuan gelandangnya seperti Michael Carrick dan Luis Nani, serta kematangan Ryan Giggs, yang masih mampu bermain apik walaupun telah berusia 39 tahun, dan ketajaman lini depannya walau tanpa van Persie.

United bermain menekan sejak menit awal babak pertama, bahwan mereka berhasil mendapatkan hadiah penalti pada menit kedua setelah pemain belakang Fulham menyentuh bola dari hasil tedangan penjuru Wayne Rooney. Penalti pun dieksekusi oleh Giggs dengan sempurna, 1-0 untuk United.

Setelah penalti ini, kedua tim bermain sedikit berhati-hati dan terlalu fokus untuk menjaga lini pertahanan mereka yang mengakibatkan skor tetap tidak berubah hingga turun minim. Stetlah babak kedua dimulai, Fulham mencoba bermain terbuka dan menyerang pertahanan United, namun hal ini berhasil di manfaatkan oleh Wayne Rooney dengan menjebol gawang Mark Schwarzer melalui serangan balik tanpa terperangkap offside pada menit ke-50, 2-0 untuk setan merah.

Tak lama setelah gol Rooney itu, Javier Hernandez berhasil menambah keunggulan tim setelah mencetak gol memanfaatkan umpan silang Rooney tang tidak mampu diamankan bek Fulham pada menit ke-52. Hernandez pula yang menutup perolehan angka setan merah pada menit ke-66 setelah berhasil mengelabuhi Schwarzer memanfaatkan sentuhan dari pemain bertahan Fulham yang berhasil merubah arah bola yang tak mampu dibendung oleh Schwarzer.

Setelah berhasil mencetak empat gol, setan merah tampak tidak begitu melakukan presing yang ketat terhadap pemain Fulham, hal ini mengakibatkan Aaron Hughes berhasil memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 1-4 melalui sundulannya dengan memanfaatkan sepak pojok yang tidak terkawal dengan baik oleh Rooney pada menit ke-77.

Susunan Pemain:

Manchester United: De Gea, Evra, Rafael, Smalling, Jones, Carrick (61' Scholes), Giggs (71' Valencia), Nani, Anderson (71' Kagawa), Rooney dan Hernandez

Fulham: Schwarzer, J. Riise, Hughes, Hangeland, Baird (46' Karagounis), Riether, Sidwall, Duff (61' Rodallega), Kacaniklic, Berbatov, dan Ruiz (71' Dejagah)