Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gol Borriello Buat Juventus Ditahan Imbang Genoa

By Okie Prabhowo - Minggu, 27 Januari 2013 | 04:41 WIB
Laga Juventus kontra Genoa. (Valerio Pennicino/Getty Images)

22 Serie A, Minggu (27/1) dini hari WIB. Gol Fabio Quagliarella menjadi sia-sia setelah Marco Borriello menyamakan skor menjadi 1-1.

Babak pertama berjalan 20 menit kedua tim sama-sama memiliki peluang. Juventus mendapatkan kesempatan melalui Mirko Vucinic dan Martin Caceres. Sementara itu Genoa dimiliki Eros Pisano dan Juaraj Kucka. Namun tidak ada yang menghasilkan gol.

Peluang emas dimiliki Claudio Marchisio di depan gawang yang dijaga kiper Sebastian Frey. Namun sayang Marchisio kurang tenang dalam penyelesaian sehingga membuat bola melebar di samping gawang. Tandukan Leonardo Bonucci di depan gawang Genoa juga masih melebar dan tidak membuat skor berubah keunggulan untuk tuan rumah.

Sepakan Fabio Quagliarella di depan gawang usai menerima umpan silang Mirko Vucinic juga masih menyamping. Hingga babak pertama berakhir kedua tim masih juga belum dapat menorehkan gol dan skor masih imbang 0-0.

Sembilan menit babak kedua berjalan Juventus berhasil unggul atas Genoa. Quagliarella yang menerima umpan silang Stephan Lichtsteiner, langsung menyepak bola di depan gawang. Bola sempat dihalau Andreas Granqvist namun justru membuat si kulit bundar masuk ke gawang sendiri. Juventus 1-0 Genoa.

Namun meski sudah tertinggal dan berada dalam tekanan karena bermain di kandang lawan, Genoa tidak menyerah begitu saja. Marco Borriello, yang masuk menggantikan Ciro Immobile berhasil mencetak gol dan menyamakan skor menjadi 1-1. Usai menerima umpan silang dari Juraj Kucka, Borriello berhasil menanduk bola yang berada di depan gawang yang dijaga Gianluigi Buffon.

Masuknya Sebastian Giovinco menggantikan Quagliarella terlihat menambah daya dobrak Juventus. Ia bahkan memiliki peluang saat tendangan bebasnya mengenai tiang gawang. Stefano Beltrame, striker berusia 19 tahun, juga masuk menggantikan Claudio Marchisio. Ia juga memiliki kesempatan saat melesakkan tendangan dari luar kotak penalti tetapi sayang kegemilangan kiper Frey membuat bola tidak bersarang di gawang Genoa.

Pada menit-menit terakhir Andreas Granqvist yang mencoba menghalau bola justru mengenai tangannya di dalam kotak penalti. Para pemain Juventus melakukan protes karena wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran. Justru Vucinic mendapatkan kartu kuning karena melakukan kritik keras kepada wasit. Hingga pertandingan usai skor masih sama imbang 1-1. usai laga Lichtsteiner juga menerima ganjaran kartu kuning oleh wasit.

Susunan pemain:

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Caceres; Lichtsteiner, Vidal, Pogba, Marchisio (Beltrame 82'), De Ceglie (Giaccherini 74'); Quagliarella (Giovinco 68'), Vucinic

Genoa: Frey; Antonelli, Granqvist, Manfredini (Rossi 66'), Pisano; Moretti, Matuzalem, Kucka, Olivera (Bertolacci 59'); Floro Flores, Immobile (Borriello 59')