Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Drama Enam Gol dalam Laga Bologna Kontra Roma

By Okie Prabhowo - Minggu, 27 Januari 2013 | 21:13 WIB
Para pemain AS Roma rayakan gol Alessandro Florenzi. (Gabriele Maltinti/Getty Images)

22 Serie A yaitu saat Bologna bermain imbang 3-3 dengan AS Roma, Minggu (27/1) WIB. Kapten I Giallorossi, Francesco Totti, menyumbang dua assist dalam pertandingan ini.

Gol pertama Roma terjadi ketika Alessandro Florenzi merebut umpan pemain Bologna pada menit kesembilan. Ia langsung berlari sprint dan melakukan operan satu-dua dengan Francesco Totti. Usai menerima assist Florenzi seketika menembakkan bola dengan posisi yang kurang pas tetapi bola tetap bergulir ke dalam gawang yang dijaga kiper Federico Agliardi.

Delapan menit usai gol Florenzi, Bologna berhasil menyamakan skor menjadi imbang 1-1. Alberto Gilardino (17') memanfaatkan bola liar ketika kiper Roma, Mauro Goicoechea, menghalau bola menggunakan kakinya.

Namun Roma tidak mau menyerah begitu saja dan dengan cepat bangkit satu menit berselang. Kini giliran Pablo Osvaldo (18') setelah menerima umpan silang Miralem Pjanic. Tandukan Osvaldo tidak dapat ditepis oleh Agliardi. Roma unggul sementara 2-1 atas tuan rumah, Bologna.

Meski tertinggal Bologna sepertinya tidak mau dipermalukan di depan pendukungnya sendiri. Manolo Gabbiadini (26') usai menerima Frederik Sorensen langsung membawa bola ke dalam kotak penalti. Dengan gerakan memutar ia berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang Roma. Goicoechea tidak menyangka tendangan tersebut dan tidak berhasil menepisnya karena bola ditempatkan di pojok kiri bawah gawang. Hingga babak kedua berakhir skor masih imbang 2-2.

Pada babak kedua Bologna kembali unggul atas Roma melalui gol yang dicetak Cristian Pasquato (54'), yang masuk menggantikan Gabbiadini. Pasquato berhasil mengambil peluang yang terjadi setelah Goicoechea menepis bola di depan gawang Roma. Bola lepas tersebut langsung ditendang voli oleh Pasquato.

Gol Panagiotis Tachtsidis (74') berhasil mementahkan kemenangan Bologna dan menghindari kekalahan bagi Roma. Umpan lambung Totti dari tendangan bebas dengan baik dapat dimanfaatkan Tachtsidis dengan tandukan di saat kiper Agliardi sedang mencoba maju untuk menghalau bola. Skor akhir imbang 3-3.

Susunan pemain:

Bologna: Agliardi; Motta, Antonsson, Sorensen, Morleo; Perez, Taider (Krhin 63'); Diamanti, Kone (Abero 85'), Gabbiadini (Pasquato 48'); Gilardino

AS Roma: Goicoechea; Piris (Torosidis 73'), Burdisso, Castan, Balzaretti (Dodo 58'); Bradley, Tachtsidis, Florenzi (Marquinho 58'); Pjanic, Osvaldo, Totti