Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bila Batal, Timnas Langsung Fokus Lawan Irak

By Frengky Aruan - Senin, 28 Januari 2013 | 15:04 WIB
Nilmaizar (Peksi Cahyo/Bolanews)

Batalnya laga uji coba melawan Yordania, yang seyogyanya digelar pada 31 Januari 2013, merupakan kerugian bagi tim nasional Indonesia. Seperti diketahui, laga melawan Yordania menjadi penting sekaligus untuk mematangkan performa tim.

Namun begitu, pelatih timnas Indonesia, Nilmaizar mengikhlaskan apabila hal itu benar-benar terjadi. Jika demikian, ia akan langsung fokus pada laga pertama babak Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Irak, 6 Februari 2013.

"Kami sudah bicarakan ini dengan tim pelatih dan manajer juga. Ini kan penundaan, tapi, ya, sudahlah," kata Nilmaizar, Senin (28/1).

Nil menambahkan bahwa batalnya laga melawan Yordania akan memberi efek. Paling tidak rencana keberangkatan menuju Timur Tengah, menjadi batal pula.

Ia menyatakan bahwa rombongan timnas yang diisi oleh pemain, tim pelatih, dan ofisial tim lain akan berangkat ke Dubai, Sabtu (2/2), apabila laga melawan Yordania batal. Sebelum keberangkatan, timnas akan menjalani beberapa latihan untuk menyempurnakan performa dan kondisi.

"Ada dua hari untuk latihan, yaitu Selasa (29/1) dan Rabu (30/1). Selanjutnya, pada Kamis (31/1), akan ada game internal selama 2x45 menit, sebelum akhirnya ada recovery training Jumat (1/2)."

"Jika berangkat pada Sabtu (2/2), sampai di Dubai pada Minggu (3/2). Tanggal 4 Februari tim akan latihan, sementara 5 Februari akan melakukan uji coba lapangan," jelas Nilmaizar.

Di sisa waktu sebelum keberangkatan, Nil menilai mustahil untuk melakoni laga uji coba. Pernyataan ini pun sekaligus menjawab janji manajer timnas, Mesak Manibor, yang sebelumnya menyatakan akan mencari tim lain untuk menjadi lawan timnas di uji coba.

"Tidak pas untuk uji coba lagi. Bukan tidak mau, tapi waktunya tidak cocok. Waktu kami cuma dua hari. Dua hari itu akan dipakai untuk persiapan, recondition, dan reconstruction," jelasnya.