Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Demi Prestasi, Tommy Pilih Masuk Pelatnas

By Eky Rieuwpassa - Senin, 28 Januari 2013 | 15:51 WIB
Tommy Sugiarto (Erly Bahtiar/Bolanews)

Tommy Sugiarto akhirnya memutuskan untuk bergabung ke pemusatan latihan nasional PB PBSI Cipayung. Keputusan itu diambil setelah melewati pertimbangan panjang menyusul ajakan pelatih Joko Suprianto, yang kini menjadi pelatih tunggal putra di Pelatnas Cipayung.

"Semula saya memang ingin tetap berada di luar Pelatnas, namun tetap mau membela Merah Putih untuk tim nasional. Setelah bicara panjang lebar dengan Mas Joko, akhirnya saya minta pertimbangan papa, dan papa menyerahkan semuanya kepada saya," kata Tommy.

"Saya memutuskan untuk bergabung dengan pelatnas karena alasan prestasi," tambah Tommy.

Setelah menjalani dua turnamen internasional Korea Terbuka dan Malaysia Terbuka pada Januari ini, hasilnya tidak memuaskan, karena di dua turnamen tersebut Tommy terhenti di babak pertama.

    Namun, diakuinya, kegagalan di dua ternamen tersebut lebih karena kurang persiapan. Ditambah lagi masalah nonteknis yang mengganggu saat ia berangkat sendirian ke Korea Selatan dan ditemani pelatih klub ke Malaysia.

"Saya mengevaluasi baik-buruknya berada di luar Pelatnas. Intinya, kalau saya ingin mengejar prestasi, mungkin lebih baik saya memenuhi permintaan Mas Joko untuk gabung ke Pelatnas. Pasalnya, di luar makin sedikit teman latih tanding. Dulu ada Mas Joko. Tetapi, kini dia sudah bergabung juga ke Cipayung, jadi saya makin sulit untuk berlatih maksimal," ucap Tommy.