Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sosok di Balik Kepindahan Syamsir Alam ke DC

By Eky Rieuwpassa - Senin, 28 Januari 2013 | 17:59 WIB
Erick Thohir (Eky Rieuwpassa/Bolanews)

Kepindahan Syamsir Alam ke DC United tidak lepas dari peran Erick Thohir. Salah satu pemilik klub MLS itu merupakan pembuka jalan untuk masuknya Syamsir ke dalam tim DC.

Setelah membeli saham DC United, Erick mengajukan sejumlah nama pemain muda Indonesia untuk masuk menjadi tim reserve DC guna mengikuti latihan di Amerika Serikat. Permintaan Erick itu disetujui oleh manajeman klub.

Status Syamsir di DC hanya sebagai pemain pinjaman. Penunjukan Syamsir untuk berlatih di DC berdasarkan bakat yang dimiliki oleh penyerang berusia 20 tahun itu.

"Syamsir Alam fenomenal dan kemampuannya telah berkembang di Eropa. Sekarang waktunya untuk ia mengembangkan sepak bola di Amerika Serikat," kata Erick Thohir dalam rilis yang diterima Bolanews.

"Ada banyak atlet berbakat di Asia Tenggara, saya akan bekerja keras untuk mengembangkan bakat mereka dengan kesempatan yang ada," tambah Erick yang juga pemilik tim NBA Philadephia 75ers, klub basket Satria Muda Britama, dan Indonesia Warriors.

Syamsir Alam merupakan putra Indonesia kedua yang beruntung menikmati atmosfer DC United. Sebelumnya pada akhir tahun lalu, Andik Vermansah sempat menjalani trial selama 10 hari di DC.