Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Miami Heat Hadiahi Obama Kostum No. 44

By Windu Puspa Ningtyas - Rabu, 30 Januari 2013 | 12:03 WIB
Barrack Obama dan pemain Miami Heat di Gebung Putih (Ned Dishman/Getty Images)

seri ketika mendapat jersey bernomor 44 dari juara NBA, Miami Heat, saat menerima mereka di Gedung Putih, Selasa (29/1).

Obama yang merupakan penggila basket ini memuji Heat sebagai bagian dari dirinya selaku presiden. "Saya tahu, buat beberapa pemain, ini kali pertama mereka di Gedung Putih. Namun, beberapa dari mereka pernah bermain saat pesta ulang tahun saya dulu. Mereka ingin datang lagi bertemu teman lama sebagai juara," kata Obama.

Obama memang tampak kecil dikerubungi pemain-pemain bertubuh raksasa dari Heat seperti LeBron James, Dwayne Wade, Mike Miller, dan Shane Battier. LeBron James-lah, pemain termuda yang mencetak 20 ribu poin, yang memberikan jersey bernomor 44 kepada Obama. Kenapa nomor 44? Tak lain karena Obama adalah presiden AS ke-44.

Selain kaus, Obama pun mendapat bola basket yang dibubuhi tanda tangan seluruh pemain. "Kami berterima kasih karena diizinkan datang ke Gedung Putih," kata LeBron James. "Kami, anak-anak yang berasal dari Chicago, Dallas, Texas, Michigan, Ohio, South Dakota, dan Miami. Kami semua sekarang berada di Gedung Putih. Rasanya seperti bilang, 'Hey mama... saya berhasil'."

Heat menjadi juara NBA, Juni tahun lalu, dengan mengalahkan Oklahoma City Thunder di final. LeBron James juga terpilih menjadi MVP NBA dan final NBA.

Obama memang dikenal sangat menyukai olahraga bola basket. Bahkan di Gedung Putih terdapat lapangan basket. Obama sempat mengalami cedera saat bertanding bola basket pada tahun 2010 lalu. Beberapa bintang Heat seperti Dwyane Wade dan LeBron James sendiri memang diketahui mendukung Obama pada pemilu tahun lalu untuk kembali memimpin Amerika sampat empat tahun mendatang.

Laporan: Tribunnews/Deny Budiman