Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nasihat dari Legenda United untuk Rafael

By Windu Puspa Ningtyas - Kamis, 31 Januari 2013 | 08:52 WIB
Rafael da Silva (Alex Livesey/Getty Images)

Mantan pemain legendaris Manchester United, Denis Irwin, mengaku kagum dengan talenta juniornya, Rafael da silva. Akan tetapi, ia menilai ada beberapa hal yang harus diubah oleh bek muda asal Brasil tersebut agar menjadi pemain yang lebih baik

Sejak bergabung dengan United pada 2008, grafik Rafael da Silva terus menunjukkan peningkatan. Penampilan impresif itu lantas mengundang decak kagum, termasuk Irwin.

Irwin menganggap Rafael sebagai seorang bek yang komplet. Namun, ia menyarankan si pemain untuk lebih bersabar ketika sedang bertahan.
"Talenta Rafael tidak perlu dipertanyakan lagi. Dia berani, agresif, dan memiliki kualitas menyerang yang baik. Dia memiliki semua atribut," ujar Irwin kepada M.E.N Sport.

"Satu-satunya masalah Rafael adalah umurnya yang masih muda dan dia bisa menimbulkan masalah jika melakukan tackle di waktu yang tidak tepat. Dia harus belajar untuk lebih bersabar."

"Anda akan belajar banyak ketika membuat kesalahan. Rafael juga telah mendapat banyak pelajaran dari beberapa kesempatan. Dia tidak akan melupakannya," imbuh lelaki yang mengantarkan Setan Merah meraih treble winner pada 1999 itu.

Saat ini Rafael merupakan pilihan utama Sir Alex Ferguson di sektor bek kanan. Di sepanjang musim 2012/13, ia telah tampil sebanyak 18 kali dan turut menyumbang dua gol. dua gol bagi Manchester United.