Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sao Paulo Lolos ke Fase Grup Piala Libertadores

By Oka Akhsan M. - Kamis, 31 Januari 2013 | 15:19 WIB
Sao Paulo (Aizar Raldes/Getty Images)

Dua klub asal Brasil, Sao Paulo dan Gremio, berhasil lolos ke fase Grup Piala Libertadores 2013. Sao Paulo dan Gremio melaju setelah menyingkirkan tim asal Bolivia, Bolivar dan wakil Ekuador, Liga Deportiva Universitaria Quito.

Sao Paulo kalah 3-4 dari Bolivar di leg kedua yang digelar di kota La Paz, yang terletak 3.600 meter di atas permukaan laut. Namun, tim asuhan Ney Franco itu tetap lolos karena unggul agregat 8-4 setelah menang telak 5-0 di leg pertama di Brasil.

"Kami banyak mengalami kendala teknis. Kami juga kehilangan fokus dan harus membayarnya dengan kekalahan," kata Ney Franco seperti dikutip dari foxsportsasia.com.

Sementara itu, Gremio memastikan satu tempat di fase Grup setelah menang adu penalti 5-4 atas LDU Quito di Porto Alegre. Sang pemenang harus ditentukan lewat adu penalti setelah laga berakhir 1-0 untuk Gremio hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Pasalnya, Liga unggul 1-0 ketika bermain di Ekuador pada leg pertama.

Sao Paulo akan tergabung di Grup Tiga bersama klub Brasil lain, Atletico Mineiro, tim Bolivia, The Strongest, dan wakil Argentina, Arsenal. Sedangkan Gremio berada di Grup Delapan tergabung bersama juara Liga Brasil, Fluminense, wakil Venezuela, Caracas, dan klub Cili, Huachipato.