Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSSI Sanggah Pernyataan Menpora Soal Pemanggilan

By Frengky Aruan - Kamis, 31 Januari 2013 | 15:25 WIB
Bernhard Limbong (Bolanews)

Penilaian Menteri Negara dan Olah Raga (Menpora), Roy Suryo, yang seakan mengindikasikan bahwa PSSI tidak becus dalam pemanggilan pemain, ditanggapi oleh Bernhard Limbong. Penanggung Jawab Timnas sekaligus Ketua Komisi Disiplin PSSI itu mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalankan mekanisme yang benar dalam pemanggilan pemain untuk gabung ke timnas.

"Jadi, tolong konfirmasi ke kita juga dong," kata Bernhard Limbong, Kamis (31/1).

Menurut Limbong, selain ke klub pihaknya juga sudah melayangkan surat pemanggilan kepada pemain dalam dua kali kesempatan. Pernyataan ini pun sekaligus menyanggah pernyataan Menpora sebelumnya.

"Makanya tanya ke kami juga. Dalam pemanggilan pemain, mekanismenya adalah lewat klub. Tapi tak hanya ke klub, kami juga kirim surat pemanggilan ke pemain. Jadi pernyataannya, salah," ujar Limbong.

"Seperti ketika kami memanggil sembilan pemain Persipura, kami mengirim surat ke klub dan sembilan surat ke pemain. Yang jelas, kalau menteri mempertanyakan, kami ada bukti pengiriman," jelasnya.

Dalam jumpa pers di Gedung Kemenpora, Roy Suryo sendiri melihat PSSI salah dalam pemanggilan pemain ke timnas. Berdasarkan pengamatannya, PSSI tidak melayangkang surat resmi pemanggilan ke pemain. Menurut Roy Suryo, pemain justru mengetahui pemanggilan dari media.

"PSSI sudah melakukan pemanggilan, tapi pemain tidak datang. Saya telah pelajari dan ternyata dalam mekanisme pemanggilan, pemain tidak mendapat pemanggilan hitam di atas putih," jelas Roy Suryo.