Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Agung Dihukum, Timnas Krisis Striker Lawan Irak

By Frengky Aruan - Kamis, 31 Januari 2013 | 18:05 WIB

Tim nasional Indonesia mendapat kabar buruk jelang tampil di laga pertama babak Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Irak, 6 Februari 2013. Seperti yang disampaikan oleh Penanggung Jawab Timnas, Bernhard Limbong, Nilmaizar tidak bisa menggunakan jasa Agung Supriyanto.

Menurut Limbong, hal itu bukan tanpa sebab. Sebelumnya, Agung menuai kartu merah di pertandingan terakhir melawan Singapura di babak Kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E yang berlangsung di Riau, 15 Juli 2012.

"Ia kena kartu merah ketika Kualifikasi Piala Asia di Pekanbaru. Melawan Yordania, bisa, tapi tidak ketika melawan Irak. Saya kira ini wajar, karena ini masih di ranah Asia atau AFC. Dulu ia kan main di level junior, sekarang senior," terang Limbong.

Berdasarkan catatan AFC, kartu merah yang didapat Agung merupakan akumulasi dari dua kartu kuning di laga melawan Singapura. Kedua kartu kuning itu masing-masing didapat pada menit ke-54 dan 92'.

Situasi ini praktis membuat timnas hanya akan diperkuat dua striker yakni Mario Aibekop dan Irfan Bachdim di laga kontra Irak. Itupun jika Irfan Bachdim benar-benar menyusul para penggawa timnas lainnya, yang kini sudah berada di Amman dan akan melakoni partai uji coba melawan Yordania, Kamis (31/1) sore waktu setempat atau pukul 22.00 WIB.