Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

McLaren Resmi Perkenalkan Mobil Anyar, MP4-28

By Oka Akhsan M. - Kamis, 31 Januari 2013 | 20:46 WIB
Jenson Button (kiri) dan Sergio Perez (kanan) berpose di depan mobil McLaren MP4-28. (Adrian Dennis/Getty Images)

28 dengan mesin Mercedes di hadapan publik, Kamis (31/1).

McLaren mengakhiri musim 2012 di posisi ketiga klasemen konstruktor di belakang Red Bull dan Ferrari. Padahal, McLaren meraih tujuh kemenangan, sama dengan jumlah yang dikoleksi Red Bull.

Meski mobil McLaren merupakan salah satu yang tercepat pada musim lalu, namun MP4-27 tak memiliki daya tahan yang bagus. Hasilnya, Lewis Hamilton dan Jenson Button tak bisa bersaing dalam perebutan juara dunia hingga akhir musim.

Komposisi pebalap McLaren pada musim ini mengalami perubahan yang cukup signifikan karena Hamilton memutuskan hengkang ke Mercedes setelah tujuh musim membela tim yang bermarkas di Woking itu. Hamilton digantikan pemuda Meksiko, Sergio Perez, yang akan menjadi duet Button di musim kelimanya bersama McLaren.

Button mengungkapkan mobil baru McLaren memiliki banyak persamaan dengan model tunggangan musim lalu. Namun, ia menyatakan ada beberapa perbedaan dari segi desain.

"Skema warna di mobil baru masih sama dan nyaris serupa dengan tahun lalu. Namun, desain mobil ini sangat berbeda dibanding tahun lalu," kata Jenson Button seperti dikutip dari autosport.com.

"Kami tahu regulasi Formula 1 tidak banyak berubah sejak 2012. Namun, saya rasa perubahan pada mobil baru ini akan memberikan perbedaan," lanjut Button.

Mobil anyar McLaren MP4-28 akan meluncur di trek untuk pertama kali di Sirkuit Jerez pada pekan depan.

Jadwal pra-musim 2013  Peluncuran mobil  Tim           Tanggal Lotus         28 Januari  McLaren       31 Januari Ferrari       1 Februari Force India   1 Februari Sauber        2 Februari Red Bull      3 Februari Mercedes      4 Februari Toro Rosso    4 Februari Caterham      5 Februari Williams      19 Februari  Tes  Tempat        Tanggal Jerez         5-8 Februari  Barcelona     19-22 Februari  Barcelona     28 Februari-3 Maret