Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal di Inggris, Xisco Kembali ke Spanyol

By Tulus Muliawan - Jumat, 1 Februari 2013 | 18:16 WIB
Xisco, saat membela Newcastle pada 2010. (Christopher Lee/Getty Images)

Usai kontraknya bersama Newcastle habis, Francisco Jiménez Tejada atau biasa dikenal Xisco, akhirnya memutuskan untuk kembali ke tanah kelahirannya Spanyol. Pemain berusia 26 tahun tersebut bergabung dengan klub di divisi Segunda, Cordoba.

Striker kelahiran Palma, Spanyol, tersebut hijrah dari Deportivo La Coruna ke bergabung dengan Newcastle dengan nilai transfer sebesar 6,7 juta euro pada September 2008.

Xisco kurang bersinar bersama The Magpies. Ia hanya diberi kesempatan bermain pada sembilan pertandingan. Dari sembilan pertandingan tersebut, Xisco mampu mencetak satu gol pada ajang FA Cup kontra Hull City pada September 2008.

Karena penampilannya yang buruk tersebut, ia pernah tiga kali dipinjamkan ke klub La Liga. Satu kali ke Racing Santander dan dua kali ke mantan klubnya Super Depor.

Pemain ini memulai kariernya bersama tim Deportivo B pada musim 2004. Ia kemudian naik kasta ke tim utama Deportivo La Coruna pada 2006. Setelah bermain selama tiga tahun, Xisco akhirnya hijrah ke Newcastle. Gagal di Newcastle, akhirnya pada awal 2013 ini, ia resmi membela Cordoba.