Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lima Klub Serie A Paling Boros di Jendela Transfer

By Okie Prabhowo - Jumat, 1 Februari 2013 | 23:17 WIB
Mario Balotelli (Getty Images)

Jendela transfer musim dingin sudah ditutup pada 31 Januari 2013 di Serie A. Ada beberapa transfer yang tidak diungkapkan nilainya. Namun berikut dirangkumkan lima klub Italia dengan pengeluaran terbesar pada jendela transfer kali ini.

1. AC Milan (31,5 juta euro)
I Rossoneri sangat disorot dalam jendela transfer Januari karena membeli Mario Balotelli dari Manchester City seharga 20 juta euro. Il Diavolo juga memboyong beberapa pemain muda, Bartosz Salamon dari Brescia dan Riccardo Saponara dari Empoli. Ada juga nama Kevin Constant dari Genoa dan Cristian Zaccardo dari Parma. Namun dari penjualan Alexandre Pato ke Corinthians dan Francesco Acerbi ke Genoa, Milan mendapatkan pemasukan 19 juta euro. 

2. Internazionale (18,050 juta euro)
Pengeluaran I Nerazzurri paling besar yang diketahui untuk membeli pemain muda Mateo Kovacic dari Dinamo Zagreb sebesar 11 juta euro. Selain itu ada juga nama Zdravko Kuzmanovic yang dibeli dari Stuttgart, Ezequiel Schelotto dari Atalanta, dan Tommaso Rocchi serta Juan Pablo Carrizo dari Lazio. Namun Inter memiliki pemasukan yang cukup yaitu dari penjualan Wesley Sneijder ke Galatasaray, Philippe Coutinho ke Liverpool, dan Marko Livaja ke Atalanta atau total sekitar 19,3 juta euro. 

3. Fiorentina (15,3 juta euro)
Pengeluaran terbesar Viola yaitu untuk memboyong Giuseppe Rossi dari Villarreal dengan harga 10 juta euro. Lalu ada nama lain juga semacam, Rafal Wolski dari Legia Warszawa, Matias Vecino dari Nacional, dan Marvin Compper dari Hoffenheim. Namun Fiorentina kurang baik dalam penjualan pemain yaitu diketahui hanya mendapatkan pemasukan 300 ribu euro.

4. Palermo (5,250 juta euro)
Pengeluaran terbesar I Rosanero untuk membeli Stefano Sorrentina dari Chievo dengan harga empat juta euro. Namun diketahui pemasukan Palermo juga hanya setengah dari pengeluaran yaitu sebesar 2,750 juta euro dan paling besar penjualan Afriyie Acquah ke Hoffenheim yaitu dengan harga 2,5 juta euro.

5. Napoli (lima juta euro)
Pembelian Josip Radosevic dari Hajduk Split diketahui merupakan pengeluaran terbesar I Partenopei. Pemasukan Napoli juga tidak terlalu besar dan diketahui hanya 2,1 juta euro dari peminjaman Aduardo Vargas ke Gremio.

Lalu di bawah Napoli ada Sampdoria (4,7 juta euro), Genoa (4,550 juta euro), AS Roma (3,4 juta euro), Atalanta (dua juta euro), Torino (dua juta euro), Cagliari (1,5 juta euro), dan Juventus (satu juta euro). Tim-tim lainnya masih memiliki kemungkinan mempunyai pengeluaran yang lebih besar namun mereka tidak mengungkapkan nilai transfer yang dilakukan.

Keterangan:
1 euro = Rp13.196,17 (nilai tukar 1 Februari 2013)
Sumber: Transfermarkt