Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

DC United Berkomitmen Lepas Syamsir Alam ke Timnas

By Peksi Cahyo Priambodo - Sabtu, 2 Februari 2013 | 17:01 WIB
Syamsir Alam tetap punya kesempatan bela timnas. (Peksi Cahyo/Bolanews)

Erick Thohir, pemilik klub DC United, berkomitmen bersedia melepas pemain barunya, Syamsir Alam, bila dibutuhkan oleh timnas Indonesia. Namun menurut Thohir, hal itu harus ada komunikasi lebih dahulu antara pihak klub, federasi sepak bola, dan pemain.

"Kami tidak melarang bila Syamsir Alam membela timnas Indonesia, asalkan ada komunikasi antara klub, negara, dan pemain," ujar Erick Thohir dalam konfrensi pers di Hotel Four Season, Jakarta, Sabtu (2/2).

Erick mengatakan seharusnya pemanggilan pemain ke timnas disesuaikan dengan strategi tim. Ia menambahkan, alangkah baiknya bila pemangilan pemain tidak mengganggu masa perkembangan sang pemain di klub.

"Seharusnya timnas dalam memangggil pemain disesuaikan dengan kebutuhan strategi. Jangan asal panggil saja. Karena disayangkan bila pemain dipanggil timnas namun tidak terpakai, sedangkan bila ia berada di klub dapat berkembang," papar Erick.

Syamsir Alam pernah masuk timnas Indonesia dari U-11 sampai dengan level U-23. Syamsir merupakan pemain anyar yang direkrut DC United dengan status pinjaman sampai akhir 2013 dari CS Vise, namun juga terdapat opsi pembelian.