Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

AS Roma Resmi Pecat Zdenek Zeman

By Syamsul Arif - Sabtu, 2 Februari 2013 | 20:50 WIB
Zdenek Zeman (Paulo Bruno/Getty Images)

4 atas Cagliari, Sabtu (2/2) dini hari WIB, di Olimpico.

AS Roma menjamu Cagliari dalam lanjutan Serie A 2012/13 pekan ke-23. Il Giallorossi harus memenangi pertandingan ini agar kembali dapat bersaing di papan atas Serie A sekaligus mematahkan rekor empat pertandingan tanpa kemenangan di liga. Namun, Tim Serigala malah menambah panjang rentetan hasil buruk setelah mengalami kekalahan 2-4 atas laga itu.

Akibat kekalahan itu, Zdenek Zeman pun harus merelakan posisinya sebagai pelatih AS Roma, yang telah terancam sejak hasil imbang 3-3 ketika menghadapi Bologna pada pekan ke-22, dicopot oleh pihak klub. Keputusan memecat Zeman itu muncul setelah para Direktur Roma, Franco Baldini, Walter Sabatini, dan Italo Zonzi, mengadakan pertemuan selama tiga jam pada Sabtu (2/2) pagi waktu setempat untuk membicarakan masa depan Zeman di tim. Selanjutnya, Baldini langsung menelepon Presiden James Palotta yang sedang berada di Boston untuk membahas topik mengenai pemecatan Zeman dari kursi kepelatihan tim dan hal it disetujui sang presiden.

Pihak Il Giallorossi pun telah menyiapkan beberapa nama pengganti posisi Zeman di tim. Marco Giampaolo, Walter Novellino, dan Laurent Blanc merupakan beberapa nama yang diperkirakan akan menjadi pelatih AS Roma minimal sampai akhir musim 2012/13.