Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dramatis, Newcastle Berhasil Kalahkan Chelsea 3-2

By Verdi Hendrawan - Minggu, 3 Februari 2013 | 00:32 WIB
Moussa Sissoko (7), saat mencetak gol kemenangan tim atas Chelsea. (Paul Thomas/Getty Images)

25 antara Newcastle United berhadapan dengan sang juara bertahan Liga Champion, Chelsea, berhasil dimenangkan oleh Newcastle dengan skor 3-2. Kemenangan dramatis The Magpies atas The Blues dipersembahkan oleh pemain yang baru didatangkan pada Januari 2013 dari Toulouse seharga 2 juta pound, Moussa Sissoko.

Pertandingan ini pada awal laga berhasil lebih banyak dikendalikan oleh Newcastle United dan Chelsea bukan bermain tanpa peluang emas. The Magpies berhasil menekan pertahanan The Blues sejak menit pertama melalui Yohan Cabaye, Papiss Cisse, dan sanga pahlawan kemenangan pada pertandingan ini, Moussa Sissoko. Beberapa kali mereka berhasil menciptakan peluang emas di depan gawang Petr Cech, namun arahnya masih mengarah kepada penjaga gawang asal Ceko itu.

Newcastle yang bermain lebih banyak menekan lawannya itu berhasil mencetak gol berhat sundulan kepala Jonas Gutierrez pada menit ke-41. Gol ini tercipta sesaat setelah Chelsea harus kehilangan Demba Ba yang mendapat cedera akibat wajahnya tertendang oleh Fabricio Coloccini saat mencoba menyundul bola ke arah gawang, namun usahanya itu hanya berbuah cedera di bagian hidungnya yang tidak berhenti mengeluarkan darah. Keunggulan Newcastle itu bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada awal babak kedua, Newcastle sempat bermain sama baiknya seperti babak pertama. Namun kedua tim gagal menciptakan peluang di depan gawang lawannya. Adalah seorang Frank Lampard yang berhasil mengejutkan publik St. James Park pada menit ke-55, setelah tanpa diduga berhasil mencetak gol dari jarak yang cukup jauh dan gagal diantisipasi dengan baik oleh Tim Krul.

Gol dari Lampard tersebut berhasil mengangkat moral permainan Chelsea yang mengakibatkan Juan Mata berhasil membalikan keadaan pada menit ke-61, melalui tendangan melengkungnya yang indah dan gagal dijangkau oleh Krul.

Namun keunggulan Chelsea itu tidak bertahan lama setelah The Magoies berhasil mendominasi permainan kembali dan berhasil mencetak gol pada menit ke-68 melalui gol perdana Sissoko bersama Newcastle dengan memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Gouffran yang dapat ditepis Cech.

Gol Sissoko itu berhasil meningkatkan tempo permainan kedua tim. Silih berganti kedua tim melancarkan serangan berbahaya kegawang lawan, namun ketatnya pertahanan kedua tim berhasil mementahkan semua peluang yang tercipta.

Namun pada menit ke-90, Sissoko berhasil mencetak gol melalui tendangan datar nan keras dari area kotak penalti yang gagal dibendung oleh Cech, yang sebenarnya bermain sangat baik pada laga tersebut.

Gol kedua Sissoko itu pun berhasil mereka pertahankan hingga akhir pertandingan, yang membuat Newcastle berhasil menang secara dramatis, sekaligus menghentikan raihan buruk mereka dalam enam pertandingan terakhir tanpa pernah meraih kemenangan.

Susunan Pemain: