Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tak Ada Lagi Tempat untuk Kaka

By Jaka Sutisna - Selasa, 5 Februari 2013 | 01:37 WIB
Ricardo Kaka (Jasper Juinen/Getty Images)

Sejak diganjar kartu merah pada laga kontra Osasuna (11/1), pemain terbaik dunia 2007, Ricardo Kaka, tak pernah lagi dimainkan oleh Jose Mourinho. Sejumlah media massa di Spanyol memprediksi Kaka tak lagi mendapat tempat dalam skuat Real Madrid.

Pada musim ini, Kaka hanya bermain selama 483 menit. Berbeda tipis dari pemain muda, Nacho, yang telah bermain selama 361 minutes dan Morata dengan 245 menit.

Pemain asal Brasil tersebut juga kalah menit bermain dibandingkan dengan pemain lain yang juga kerap mengisi bangku cadangan seperti Ricardo Carvalho dan Raul Albiol. Carvalho bermain selama 810 menit dan Albiol 869 menit.

Nasib Kaka semakin sial saat ia terpaksa harus bertahan di Santiago Bernabeu karena mantan klubnya AC Milan batal merekrutnya. Milan menuding pihak Madrid sebagai penghalang kepindahan Kaka karena mematok harga terlalu tinggi.

Pada jendela transfer Januari 2013, Madrid siap menjual Kaka asalkan ada klub yang berani membelinya dengan harga 25 juta euro. Akan tetapi, hingga jendela transfer ditutup, tidak ada satu pun klub yang berhasil meminang Kaka.

Kaka pindah ke Los Blancos  pada musim 2009 setelah menghabiskan enam musim bersama I Diavolo Rosso. Akibat cedera lutut yang kerap membekapnya, Kaka gagal menunjukkan penampilan menawan seperti saat berkostum Rossoneri.