Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kecelakaan di Jerez, Pelajaran Berharga Mercedes

By Tulus Muliawan - Kamis, 7 Februari 2013 | 16:15 WIB
Lewis Hamilton, meninggalkan mobilnya sesaat setelah menabrak pembatas sirkuit. (Paul Gilham/Getty Images)

Dua kecelakaan yang menimpa pebalap Mercedes dalam sesi uji coba perdana Formula 1 di Sirkuit Jerez, Spanyol, menjadi pelajaran berharga bagi tim yang bermarkas di Brackley, Inggris, tersebut. Hal tersebut diungkapkan pebalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton, usai menjalani uji coba.

Dua hari terakhir, Selasa (5/2) dan Rabu (6/2), menjadi hari yang berat bagi Mercedes. Sebab, dua pebalap andalan mereka mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh masalah pada mesin mobil baru mereka, W04. Lewis Hamilton dan Nico Rosberg hanya mampu menyelesaikan 29 lap pada uji coba pra musim pertama.

Lewis Hamilton harus meninggalkan sirkuit kurang dari dua jam setelah mobil yang dikendarainya menabrak pembatas sirkuit karena rem mobil bermasalah pada lap ke-15.

Sehari sebelumnya, Nico Rosberg, juga mengalami masalah pada mobilnya. Rosberg hanya mampu menaklukan 14 lap lantaran mobil yang dikendarainya mengalami masalah pada sistem elektro yang menimbulkan percikan api di ban belakang mobil.

"Ini sebuah cobaan untuk Mercedes. Kami punya jalan panjang untuk bisa sampai Melbourne (untuk menjalani seri pertama musim 2013). Ini bukanlah sebuah masalah besar. Saya sering mengalami seperti ini. Saya harap, uji coba selanjutnya bisa berjalan dengan lancar," ujar Hamilton, dilansir Sportinglife.

Hamilton menambahkan, kecelakaan dalam uji coba perdananya tersebut, justru membuatnya semakin bersemangat untuk menghadapi sesi uji coba kedua yang akan digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona, mulai 19 Februari 2013.