Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Lokasi Laga Cagliari Kontra Milan Dipindah

By Okie Prabhowo - Jumat, 8 Februari 2013 | 05:57 WIB
Stadion Is Arena (Cagliari). (Enrico Locci/Getty Images)

Lega Calcio telah mengumumkan bahwa laga Cagliari kontra AC Milan akan dilangsungkan di Stadio Olimpico di kota Torino. Mayor di Quartu Sant’Elena, Mauro Contini, memberi pernyataan yang menjelaskan stadion Is Arena tidak layak untuk laga besar.

"Keputusan untuk tidak memberi izin kepada Cagliari bermain di Is Arena dibuat oleh pemerintah untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat. Hal itu dilakukan meski semua upaya kami dan proposal dari Lega Calcio menginginkan masuknya suporter," ujar Mauro Contini seperti dilansir Football Italia.

"Sampai sekarang saya tetap diam dalam situasi yang sulit seperti ini dan berharap hasil yang positif. Saya akan mengungkapkan bagaimana pemerintah mempertahankan keputusannya terkait keselamatan di Is Arena. Mereka benar-benar tertutup untuk segala saran dan saya tidak setuju dengan hal itu karena dapat melahirkan konsekuensi yang tidak terduga."

"Meski demikian saya memulai banding untuk semua institusi untuk menemukan solusi yang dapat menjamin laga Cagliari kontra AC Milan dapat dimainkan di Is Arena, meski dengan pembatasan masuknya suporter."

"Saya juga mengundang pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan komunikasi tidak bertanggung jawab yang dapat memicu kemarahan para suporter," kata Contini.

Sekali lagi stadion Is Arenas gagal dalam pemeriksaan keamanan dan dipertimbangkan tidak dapat untuk laga besar dengan kemungkinan hadirnya suporter lawan dalam jumlah besar. Sebelumnya pertandingan antara Cagliari melawan Juventus pernah dilaksanakan di Stadio Ennio Tardini di Parma.

Dikabarkan pihak Cagliari dapat saja protes dan menolak untuk menghadiri pertandingan yang akan dilaksanakan Minggu (10/2) WIB. Hal ini didasari dengan tidak adanya pengumuman perubahan lokasi pertandingan di situs resmi klub beberapa jam usai Lega Calcio memutuskannya. Cagliari hanya melaporkan adanya pertandingan persahabatan melawan tim Primavera.