Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Haram Hukumnya Eks Juventino Perkuat Fiorentina

By Jaka Sutisna - Sabtu, 9 Februari 2013 | 19:47 WIB
Fabrizio Ravanelli, ditolak tifosi Fiorentina. (Claudio Villa/Getty Images)

hal berbau Juventus.

Giovanni Trapattoni eks pelatih Juventus pada 1976 sampai 1986 dan 1991 hingga 1994, pernah menjalani ritual degobbizzazione saat hendak melatih Fiorentina pada 1998. Mr. Trap demikian ia disapa harus berikrar sumpah setia bersama Fiorentina dan penyucian diri dari hal berbau Juventus.

Eks pemain Juventus, Moreno Torricelli (1991-1998) dan Angelo Di Livio (1993-1999) pernah melakukan ritual degobbizzazione saat pindah ke Fiorentina.

Mereka berdua harus mengucap sumpah setia di depan tifosi Fiorentina sebelum menginjakkan kaki di rumput suci Artemio Franchi dan mengenakan seragam kebanggaan Si Ungu.

Jika Torricelli dan Di Livio bisa diterima oleh tifosi I Gigliati meskipun harus melakukan ritual degobbizzazione terlebih dulu. Lain cerita ketika eks punggawa I Bianconeri lainnya, Fabrizio Ravanelli ingin bergabung dengan Fiorentina pada awal musim 1999/00. Secara tegas publik Firenze menolak kehadirannya.

"Pelatih, Presiden, dan para pemain mau menerima saya, tetapi saya mendengar tifosi Fiorentina menolak kahadiran saya," ungkap Ravanelli ketika itu.