Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Celtic Pernah Kalahkan Lima Klub Top Eropa

By Okie Prabhowo - Selasa, 12 Februari 2013 | 04:42 WIB
Para pemain Celtic, rayakan gol ke gawang Barcelona. (Getty Images)

Glasgow Celtic akan menghadapi Juventus pada leg pertama babak 16 besar Liga Champion di Celtic Park, Rabu (13/2) dini hari WIB. Jelang laga tersebut ada catatan di mana klub asal Skotlandia tersebut pernah mengalahkan lima klub besar di kandang sendiri.

Celtic secara mengejutkan mencapai babak 16 besar Liga Champion musim 2012/13. Klub asal kota Glasgow tersebut lolos usai menempati posisi kedua di bawah Barcelona dengan raihan poin 10 di grup G. Benfica dan Spartak Moskva dipaksa tersingkir dari kompetisi bergengsi antar klub Eropa tersebut.

Bahkan di Celtic Park tim asuhan Neil Lennon ini mengalahkan tim raksasa Spanyol, Barcelona, dengan skor 2-1. Momen tersebut hingga menuai komentar dari pemain Blaugrana, Xavi Hernandez.

"Stadion itu adalah sebuah keajaiban, para suporter, orang-orang, bagaimana mereka mendukung timnya. Ini menjadi contoh untuk setiap tim."

Berikut lima pertandingan besar pilihan saat Celtic mengalahkan tim besar di Eropa di kandang seperti dilansir di situs UEFA.

Celtic 2-1 Barcelona (7/11/2012)

Momen kemenangan Celtic ini seperti hadiah perayaan ulang tahun klub ke-125 yang tidak akan pernah dilupakan. Bahkan sang Manajer, Neil Lennon, merasa malam tersbut sangat spesial.

Dalam laga ini Celtic tanpa kehadiran striker Gary Hooper dan kapten Scott Brown. Namun tandukan Victor Wanyama pada babak pertama dan gol Tony Watt, yang masuk menggantikan Georgios Samaras, pada menit ke-83 memastikan kemenangan Celtic. Lionel Messi baru bisa menorehkan gol pada menit-menit jelang laga usai. Pertandingan ini bahkan membuat penyanyi kenamaan, Rod Stewart, meneteskan air mata.

Celtic 2-1 AC Milan (3/10/2007)

Dalam pertandingan ini Celtic masih diasuh Gordon Strachan. Celtic unggul lebih dulu melalui Stephen McManus pada menit ke-61. Lalu Kaka menyamakan kedudukan skor dari titik penalti tujuh menit kemudian. Scott McDonald menjadi penentu kemenangan Celtic usai kiper I Rossoneri, Dida, gagal menahan tendangan Gary Caldwell.