Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Joakim Noah (Mungkin) Absen Karena Cedera

By Eko Widodo - Selasa, 12 Februari 2013 | 18:56 WIB
Joakim Noah, bermasalah dengan telapak kaki. (Getty Images)

Star 15-17 Februari ini di Houston. Namun, apa daya, cedera melarangnya tampil.

"Saya ingin sekali bermain meskipun cedera plantar fasciitis di kaki kanan. Setelah absen latihan di hari Minggu (Senin WIB), sakit itu semakin parah," kata Noah.

"Bagi saya, All-Star adalah penting," kata Noah kepada ESPNChicago. "Saya ingin melakukan apapun supaya bisa tampil," kata center Chicago Bulls ini.

Manajemen Bulls mengatakan bahwa membela Chicago adalah penting daripada sekadar memaksakan bermain di All-Star. "Tampil membela event Chicago Bulls sampai ke play-off lebih penting sehingga saya harus lebih realistis," kata Noah.

Cara penyembuhan paling efektif mengatasi plantar fasciitis adalah dengan beristirahat. Ia akan cepat sembuh dengan memberikan pembatasan bermain.

"Kaki saya masih terasa sakit. Untuk kasus ini, saya berharap bisa memberikan yang terbaik," ungkapnya.

TAHUKAH ANDA
Plantar fasciitis merupakan bengkak yang menyakitkan dan terdapat di jaringan tebal pada dasar kaki yang disebut plantar fascia. Penyakit ini merupakan salah satu keluhan ortopedi paling umum yang berhubungan dengan kaki.

Plantar fascia merupakan ‘pita’ tebal pada jaringan yang menutupi tulang pada bagian bawah kaki. Plantar fascia berasal dari tulang calcaneum yang membentuk tumit, dan menyebar ke arah jari-jari kaki menutupi bagian dasar kaki. Fungsi utamanya adalah untuk memproteksi kaki dari bagian luarnya dengan berperan sebagai penahan goncangan dan membentuk lengkungan untuk berjalan.