Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jumlah Peserta Belum Pasti, IPL Masih Tanda Tanya

By Frengky Aruan - Rabu, 13 Februari 2013 | 13:38 WIB

Penyelenggaraan Indonesia Premier League (IPL) musim 2012/13, masih tanda tanya. Hingga kini, jumlah peserta sendiri masih belum jelas. 

CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Widjajanto mengatakan bahwa sampai saat ini, tercatat hanya delapan klub yang siap. Kedelapan klub itu adalah Pro Duta, Semen Padang, Persiba Bantul, Persija IPL, PSIR Rembang, PSM Makassar, Persepar Palangkaraya, dan Persebaya Surabaya.

Sementara delapan klub lain, sampai saat ini masih bermasalah, terutama finansialnya. Arema Indonesia misalnya, dilaporkan mengalami krisis bahkan terancam mundur setelah ditinggal sponsornya dari grup Ancora. Adapun Bontang FC juga masih dilaporkan menunggak gaji pemain.

"Kami sudah mencoba dengan tegas berdasarkan regulasi. Sampai saat ini hanya delapan klub yang sudah mendaftarkan diri," kata Widja, sapaan akrab Widjajanto, Rabu (13/2).

Widja sendiri menambahkan bahwa pihaknya akan bersikap tegas. Menurutnya, PT LPIS hanya akan mengikutsertakan klub-klub yang sudah siap saja.

Akan tetapi, perihal permasalahan itu, ia akan meninjau ulang sekaligus membahasnya dengan Komite Eksekutif di dalam rapat Komek.

"Saya sudah pernah katakan dan tegaskan bahwa klub yang tidak mampu absen saja. Tapi saya serahkan semua ke Exco. Terkait hukuman juga akan diputuskan," jelasnya.