Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

La Liga Bukan Hanya Milik Barca dan Madrid

By Tulus Muliawan - Rabu, 13 Februari 2013 | 15:58 WIB
Vicente del Bosque. (Laurence Griffiths/Getty Images.)

Banyak pihak menilai persaingan di La Liga tidak lagi menarik karena hanya didominasi Barcelona dan Real Madrid. Pendapat tersebut ditolak pelatih tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque. Ia menyebut La Liga masih tetap kompetitif dan bukan hanya milik Barcelona atau Real Madrid.

Menurut pelatih berusia 62 tahun tersebut, La Liga justru merupakan salah satu liga terbaik di dunia. Buktinya, sejumlah pemain yang merumput di kasta tertinggi sepak bola Spanyol tersebut mendapat pengakuan sebagai pemain terbaik dunia selama beberapa tahun terakhir.

"La Liga tidak mengalami penurunan. Buktinya, pemain seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mampu merajai sepak bola dunia. Barcelona dan Real Madrid memenangi banyak gelar karena mereka adalah tim yang luar biasa," tutur pelatih terbaik dunia 2012 tersebut kepada La Gazzetta dello Sport.

Pelatih yang membawa La Furia Roja merajai sepak bola dunia dalam kurun waktu empat tahun terakhir tersebut menambahkan, empat dari 16 tim yang berlaga di fase 16 Liga Champion musim ini juga berasal dari La Liga. Tim dari Spanyol juga mampu menjuarai Liga Eropa pada musim lalu, di mana Atletico Madrid keluar sebagai juara usai menundukkan tim Spanyol Lainnya, Atletico Bilbao.

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, gelar juara La Liga memang didominasi Barcelona dan Real Madrid. Barcelona berhasil meraih lima trofi sedangkan Real Madrid meraih empat trofi. Satu trofi lainnya menjadi milik Valencia, pada musim 2003/04.