Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Delio Rossi Tidak Minta Maaf Karena Jari Tengah

By Okie Prabhowo - Kamis, 14 Februari 2013 | 04:55 WIB
Delio Rossi (Valerio Pennicino/Getty Images)

24 Serie A, Minggu (10/2) WIB.

Delio Rossi diganjar kartu merah pada menit terakhir laga saat Sampdoria menang 3-1 atas AS Roma. Ia dihukum karena terlihat mengacungkan jari tengah ke arah Nicola Burdisso.

"Saya tidak terima dihina tanpa alasan. Saya sedang memberi arahan taktik kepada para pemain ketika Burdisso menghina saya dari jauh. Bagaimana seorang profesional berlaku seperti itu kepada pelatih? Say tidak bisa diam saja ketika dihina. Melihat ke belakang, saya terlalu jauh tetapi tidak memiliki kekuatan untuk menahan diri," ujar Rossi kepada surat kabar Il Messaggero.

Rossi bukan kali pertama terlibat dalam kasus. Ia pernah dipecat dari Fiorentina musim 2011/12 karena menyerang Adem Ljajic setelah pemainnya tersebut bereaksi kasar ketika diganti.

"Saya menghormati semua orang dan saya ingin dihormati. Jadi mengapa saya harus minta maaf? Burdisso tidak dapat memberi saya pelajaran tentang bagaimana berperilaku. Seseorang yang menyikut dan meludah ke pemain seharusnya tutuo mulut."

"Yang berhak menjadi contoh yaitu Paolo Maldini, Alessandro Del Piero, dan Andrea Pirlo, dan jelas bukan dia."

"Saya tidak mencari alibi untuk gerakan yang dibuat. Namun saya tidak ingin dibicarakan sebagai seorang monster. Beberapa orang memanfaatkan insiden tersebut untuk kepentingannya."

"Saya merasa jatuh ke dalam jebakan dan harus lebih waspada pada masa depan. Niat saya bukan untuk kembali ke insiden buruk seperti ini. Akan tetapi saya tidak tahu apakah dapat mengaturnya. Saya akan berusaha keras untuk menahan diri dalam setiap situasi," kata Rossi.