Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Serena Williams Cetak Rekor Baru

By Tulus Muliawan - Sabtu, 16 Februari 2013 | 22:59 WIB
Serena Williams. (Getty Images)

Ratu tenis Amerika, Serena Williams, kembali berhak menduduki peringkat satu dunia dalam rangking Asosiasi Tenis Putri Dunia (WTA), setelah berhasil menundukkan petenis asal Ceko, Petra Kvitova, pada perempat final Qatar Terbuka, Sabtu (16/2).

Serena sempat kalah pada set pertama saat menghadapi Kvitova di Khalifa International, Doha. Akan tetapi, setelah pertarungan dua jam tujuh menit, Serena berhasil menunjukkan kualitasnya dan menyudahi permainan dengan skor 3-6 6-3 dan 7-5.

Berkat kemenangan tersebut, Serena berhak mendapat 395 poin tambahan dan membuat poin Serena bertambah menjadi 10.365. Serena berhak menduduki peringkat satu dunia karena unggul dari peringkat satu sebelumnya, Victoria Azarenka, yang hanya mengoleksi 10.325 poin.

Prestasi Serena tersebut sekaligus mencetak rekor baru dalam dunia tenis. Dengan usia 31 tahun, empat bulan dan 24 hari, Serena menjadi petenis tertua yang pernah menduduki peringkat satu dunia sejak 1975.

Serena memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang seniornya dari Amerika, Chris Evert, yang pernah menduduki peringkat satu dunia pada usia 30 tahun 11 bulan dan tiga hari pada 24 November 1985.